Hobi

Musibah Bagi Pemain Game Cyberpunk 2077: Gameplay Cacat, Refund Bermasalah

Ahmad Redho Nugraha

Posted on December 17th 2020

Perilisan game Cyberpunk 2077 oleh studio CD Projekt Red (CDPR) sudah lama dinantikan oleh gamer di seluruh dunia. Namun baru-baru ini, CDPR dibanjiri ujaran kekecewaan oleh para fans terkait banyaknya bug di dalam game tersebut.

Pemain PlayStation yang sudah terlanjur membeli versi digital game Cyberpunk 2077 via PlayStation Store kini beramai-ramai menuntut refund ke pihak CDPR. Namun ada kabar buruk lain, CDPR kemungkinan tidak akan melakukan refund sama sekali, atau kalau pun ada refund, kemungkinan akan sulit untuk mendapatkannya.

Sony tampaknya tidak mau terlibat di dalam urusan CDPR dan para pemain Cyberpunk 2077. Sebuah pesan dari PlayStation support via CNBC mengonfirmasi jika pemain harus berkontak langsung dengan pihak customer service CDPR untuk urusan refund.

"CD Projekt Red saat ini sedang bekerja memperbaiki semua bug dan kerusakan di dalam game, demi meningkatkan pengalaman bermain Cyberpunk 2077," demikian potongan pesan tertulis tersebut. Pesan itu mengindikasikan jika pilihan para pemain hanyalah menunggu CDPR selesai melakukan perbaikan.

Game Cyberpunk sebelumnya dirilis untuk PS4, PS5, XBox One, XBox Series X dan PC pada Selasa (15/12) lalu. Semua pemain, khususnya pemain PS4 dan XBox Series One harus menelan ludah karena terdapat sangat banyak bug dan error yang membuat gameplay Cyberpunk 2077 menjadi sangat tidak layak untuk ukuran standar game PS4 dan XBox One.

Pada konsol PS5, XBox Series X dan PC, game ini dapat dimainkan dengan cukup baik, walau masih terdapat beberapa bug dan error, tergantung pada jenis konsol dan pengaturan PC yang bersangkutan. Cyberpunk 2077 terutama tidak dapat dimainkan dengan layak pada perangkat yang dirilis di bawah 2014.

Kritik seputar Cyberpunk 2077 pun beredar luas di internet, terutama media sosial. Sebagian kritik tersebut dikarenakan CDPR ternyata tidak memfasilitasi para pemain untuk melakukan refund langsung terkait versi digital game tersebut. Dalam sebuah pernyataan, CDPR justru mengarahkan para pemain untuk meminta refund kepada pihak Microsoft atau Sony, atau dengan mengirimi surel kepada developer sebagai pilihan terakhir.

Lebih lanjut, CDPR menyebut penyebab error tersebut adalah fiksasi dan oversight yang dilakukan untuk versi PC, PS5 dan XBox Series X, sehingga Cyberpunk 2077 menjadi tidak cocok dimainkan di konsol generasi sebelumnya.

Microsoft telah merilis pernyataan yang meminta para pemain yang frustrasi untuk mengikuti kebijakan refund mereka, dimana sebagian besar pemain dapat memperoleh kembali uang mereka apabila mereka mengajukan refund dalam tempo maksimal 14 hari setelah pembelian game.

Di sisi lain, Sony tidak memiliki kebijakan demikian, dan mereka sendiri tidak perlu mengeluarkan refund karena mereka sudah membeli stok game tersebut langsung dari CDPR.

Opsi terakhir bagi para pemain Cyberpunk, yaitu mengirimi email langsung ke CDPR adalah langkah yang paling banyak diambil oleh para pemain. Sebagian email tersebut memperoleh balasan otomatis yang mengatakan jika para pemain akan memperoleh kabar lebih lanjut soal refund mereka maksimal sebelum tahun baru.(*) 

 
Artikel Terkait
Hobi
CD Projekt Red Rilis Video Permintaan Maaf Atas Semua Bug di Cyberpunk 2077

Hobi
Riset Ini Buktikan Jika Pemain XBox Lebih Toxic daripada Pemain PlayStation

Hobi
Microsoft: XBox Series X akan Diluncurkan November 2020