Entertainment

Review 'Wonder Woman 1984': Ada Soal Patah Hatinya Diana Prince

Jingga Irawan

Posted on December 17th 2020

Wonder Woman 1984 (DC)

Siapa sih menyangka seorang wanita tangguh, cantik, dan punya kekuatan super akan patah hati? Yap! Kondisi itu lah yang dialami oleh Diana Prince (Gal Gadot) si Wonder Woman kebanggaan kita. Meskipun jadi idaman semua pria, Diana rupanya gagal move on dari pilot Amerika tampan Steve Trevor (Chris Pine).

Hal itu merupakan salah satu kesan yang disajikan dalam film Wonder Woman 1984. Diana menyendiri di restoran sembari menyaksikan orang-orang di sekitarnya makan malam dengan pasangan mereka masing-masing. Sementara, ia hanya duduk sendirian.

Adegan tersebut memecah dua action sequences yang ditampilkan ketika film dimulai. Aksi pertama pembukaan film memperlihatkan Diana cilik yang mengikuti kompetisi ketangkasan di Amazonian. Di antara para pesaing dewasanya, dia-lah yang sebenarnya paling tangguh. Sayang, ia gagal memenangkan kompetisi tersebut karena dianggap curang.

Adegan aksi kedua melompat pada penampilam Diana yang sudah berada di tahun 1984. Saat ia harus kejar-kejaran dengan sebuah perampokan sebuah Mall. Para perampok tersebut mencuri barang-barang antik. Salah satunya adalah batu ‘kecubung’ yang memiliki magis sehingga semua orang menginginkannya.

Menggunakan batu itu, secara tidak sengaja Diana juga telah mengembalikan seseorang dari masa lalu. Seseorang yang sangat dicintainya. Sehingga, prajurit Amazonian cantik itu tidak ingin melepaskan orang tersebut. Siapa ya kira-kira?

Nah, ia akhirnya menyadari bahwa ada yang tidak beres dengan 'kecubung' itu, ia merasa batu tersebut memiliki kekuatan jahat yang tersembunyi di baliknya. Bersama seorang temannya, Diana harus menghetikan tipu muslihat kecubung tersebut agar tidak memusnahkan seluruh kaum di bumi.

Sedihnya, setiap tindakan penyelamatan dilakukan, Diana harus kehilangan seseorang yang amat disayanginya. Kita tahu bahwa Wonder Woman (2017) telah merenggut Steve Trevor darinya. Kali ini akan ada seseorang yang diambil kembali darinya. Hmmm.. penasaran?

Tentu saja, rasa penasaran itu akan terjawab ketika kalian menonton Wonder Woman 1984 yang saat ini telah tayang di bioskop tertentu dan HBO Max sejak Selasa, (16/12).

Secara keseluruhan, Wonder Woman tetap tidak kehilangan cerita khas dan sudut pengambilan gambar yang  dinilai menarik bagi sebagian pengamat. Seluruh adegan tetap memukau. Tim editor patut untuk diapresiasi. Adanya musuh baru dalam WW84 juga membuat film ini lebih segar. Sebab, penonton tidak mendapat sajian monoton dengan tampilan musuh yang sama dalam setiap ceritanya.

Namun, banyak pihak yang mengatakan WW84 kurang greget dibanding pendahulunya. Pertarungan Diana dan Cheetah (yang menjadi tangan kanan musuh utama) berlangsung sebentar. Selain itu, karakter kekuatan yang dimiliki oleh Cheetah sebatas pada predator pemangsa. Padahal Patty Jenkins, sutradara WW84, melakukan pendalaman karakter pada Cheetah sejak awal film diputar.

Sementara, musuh utama yang harus dikalahkan oleh Diana cenderung memiliki aksi pasif. Resolusi konflik yang terjadi di antara keduanya justru berasal dari sang musuh itu sendiri. Saat ia menyadari bahwa perbuatannya tersebut salah. Bukan disebabkan oleh aksi pertarungan menang-kalah.

Dalam penutupan film terdapat credit scene yang telah dijanjikan oleh Patty Jenkins. Adegan tersebut rupanya memungkinkan adanya film Wonder Woman selanjutnya yang jauh lebih menakjubkan. 

Walaupun begitu, Wonder Woman telah berhasil menjadi favorit banyak orang setelah film-film DC kehilangan arah karena Christoper Nolan meninggalkan trilogi Batman yang sebelumnya menjadi unggulan.

Wonder Woman 1984 dipernakan oleh Gal Gadot (Diana Prince), Steve Trevor (Chris Pine), Kristen Wiig (Barbara Minerva/Cheetah) dan Pedro Pascal (Maxwell Lord). Film ini garap oleh Patty Jenkins bersama penulis naskah Geoff Johns dan David Callaham. (*)

Artikel Terkait
Entertainment
Ada Credit Scene di Wonder Woman 1984, Sutradara Minta Penggemar Jangan Spoiler

Entertainment
'Death on the Nile' Dilarang Tayang di Lebanon dan Kuwait, Kenapa?

Entertainment
Ini Dia 4 Karakter yang Bakal Muncul di 'Wonder Woman 1984'