Tech

Asyik! Google Lagi Uji Coba Pencarian Web Bisa Dark Mode Buat Pengguna Desktop

Kezia Kevina Harmoko

Posted on December 14th 2020


(Foto: 9to5Google)

Buat kamu yang tim dark mode daripada normal mode, ada kabar baik nih. Google sedang uji coba untuk membuat halaman pencarian web punya warna gelap di desktop, bukan putih seperti mode biasanya. Kalau fitur ini dirilis resmi secara luas, bakal membantu banget nih buat yang belajar daring dan sering googling dalam waktu yang lama.

Memang fitur dark mode sudah umum digunakan di perangkat Android atau iOS dan agak jarang untuk perangkat desktop. Walaupun ada, mode gelap biasanya hanya muncul di bagian beranda aplikasi Google Chrome. Kalau kita mulai buka website atau Googling, warna halaman akan tetap putih, namun warna menu-menu hitam. Sama aja dong, nggak terlalu mempengaruhi cahaya yang melelahkan mata.

Uji coba dark mode ini pertama kali ditemukan oleh 9to5Google. Terlihat dari uji coba tersebut kalau halaman pencarian berubah hitam keabu-abuan, judul artikel tetap berwarna biru, dan keterangan artikel berwarna putih keabu-abuan. Ikon semua, berita, video, gambar, maps, dan lainnya tetap berwarna abu-abu seperti di mode normal.


(9to5Google)

Nah, dengan adanya uji coba halaman pencarian web yang ikut gelap ini, mata bisa lebih nyaman deh kalau browsing berjam-jam. Sayangnya belum ada kejelasan kapan fitur ini bakal diluncurkan. Sepertinya masih uji coba yang awal banget.

Beberapa website sudah punya fitur dark mode sendiri yang bisa diaktifkan pembaca secara manual. Beberapa aplikasi Google juga sudah punya fitur mode gelap, seperti YouTube, YouTube TV, YouTube Music, dan aplikasi catatan Google Keep. Nah, semoga aja deh halaman pencarian bisa ikut gelap juga, biar mata nggak silau.(*)

Related Articles
Tech
Setelah Versi Ponsel, WhatsApp Dark Mode juga Muncul di Versi Web

Tech
Google Uji Coba Tampilkan Hasil Pencarian Berbentuk Video TikTok dan Instagram

Tech
YouTube Lengkapi Setiap Pencarian Video dengan Chapter Preview