Korea

5 Drakor yang Mengajak Penonton Menjelajahi Dunia Fantasi Penuh Makhlus Mistis

Mainmain.id

Posted on December 14th 2020

ADA sesuatu yang begitu magis dengan drama bergenre fantasi. Harus diakui, kadang ceritanya tidak masuk akal. Namun mereka menawarkan eskapisme yang asyik dari keseharian kita yang sering kali tidak asyik. Apalagi, genre tersebut dipenuhi makhluk-makhluk yang terinspirasi dari berbagai kisah rakyat dan mitologi dari seluruh dunia.

Dan karena ini drama Korea, maka mereka digambarkan begitu indah. Dimainkan oleh para aktor dan aktris dengan tampang luar biasa cakep. Jadi, kalau tujuan makhluk-makhluk supernatural itu adalah menyihir kita, para insan manusia yang hina, anggap saja kita sudah takluk sebelum melawan. Bahkan kalau leher atau jantung kita yang jadi taruhan.

Contoh paling baru adalah Tale of the Nine Tailed. Mengangkat legenda gumiho, atau rubah berekor sembilan. Pengisi karakter gumiho-nya bukan cuma dua cowok superganteng, Lee Dong-wook dan Kim Bum. Tapi juga ada si cantik Kim Yong-ji. Plus Lee Tae-ri, pemeran Imoogi. Setelah serial itu tamat, mari mencari drama lain yang berisi makhluk-makhluk mistis nan keren. Di luar Goblin (The Lonely and Great God). Kalau yang itu pasti semua sudah nonton.

1. My Love From the Star

Ini salah satu drama paling hit pada 2014. Dibintangi Kim Soo-hyun, yang memerankan alien bernama Do Min-joon. Ia mengunjungi bumi 400 tahun silam. Pada era Dinasti Joseon. Namun, gara-gara menyelamatkan seorang gadis, ia ditinggalkan piring terbang kembali ke planetnya. Jadilah ia terjebak di bumi selama empat abad ke depan.

Karena tidak bisa menua, ia harus ganti identitas setiap 10 tahun. Hingga nasib mempertemukan Min-joon dengan Chun Song-yi (diperankan Jun Ji-hyun). Seorang aktris terkenal yang sombongnya setengah mati. Dengan segera, si alien imut terlibat segala kekacauan yang ditimbulkan Song-yi. Ia pun berinisiatif menjadi manajer Song-yi.

Ia menggunakan kekuatan ala superhero untuk membantu Song-yi. Mulai pendengaran tajam, mata tajam, serta kemampuan bergerak secepat Flash Gordon. Dan ketika akhirnya mereka saling jatuh cinta, kemampuan super itu dimanfaatkan Min-joon untuk memodusi sang aktris.

 

 

2. Vampire Prosecutor

Berbeda dengan jenis monster haus darah lainnya, vampir banyak digambarkan rupawan oleh berbagai referensi. Mereka begitu elegan, tinggal di kastil mewah, berbicara santun, dan perilakunya berbudaya. Bahkan dalam salah satu novel populer, disebutkan bahwa kulit vampir malah glowing saat terkena sinar matahari (uhuk).

Nah, vampir dalam drama yang tayang pada 2011 ini sama sekali tidak jahat. Min Tae-yeon (diperankan Yeon Jung-hoon) berprofesi sebagai jaksa. Ia digigit dan berubah menjadi vampir dalam salah satu upaya memburu tersangka kejahatan. Agar tidak perlu membunuh orang, Tae-yeon lebih suka mengisap darah orang yang sudah meninggal.

Hal itu justru menjadi senjata barunya memecahkan suatu kasus. Ia bisa mendapatkan lebih banyak fakta tentang korban dari rasa darah mereka. Yang memanjakan mata, penampilannya dibikin super-stylish, dan super-sleek. Derial ini terdiri dari dua season. Musim keduanya tayang pada 2012, cukup untuk memuaskan kehausan kita akan darah aksi vampir fashionable.

 

3. Scholar Who Walks the Night

Kalau suka gaya vampir yang lebih tradisional, serial ini boleh juga. Mengisahkan Kim Sung-yeol (Lee Joon-gi), seorang sarjana yang berubah menjadi vampir. Namun ia bukan vampir biasa. Ia berwenang mengatur para vampir agar tetap taat aturan.

Ia juga bakal menghukum vampir-vampir jahat yang membahayakan manusia. Dan sebagai penjaga para vampir, ia kebal sinar matahari. Selama memakai jubah khusus yang mengandung SPF. Ia bukan satu-satunya vampir keren di sini. Villain utama serial ini, Gwi (diperankan Lee Soo-hyuk) juga sangat menawan. Kita akan mudah jatuh cinta padanya. Asal jangan dekat-dekat.

 

4. Surplus Princess

Sebelum The Legend of the Blue Sea yang dibintangi Lee Min-ho ngehit banget, ada Surplus Princess (2014). Bintangnya adalah Jo Bo-ah, pemeran Nam Ji-a di Tale of the Nine Tailed. Kisahnya lebih mendekati versi asli The Little Mermaid karangan Hans Christian Andersen. Yakni tentang putri duyung yang jatuh cinta pada manusia.

Dia mencuri ramuan dari seorang penyihir laut untuk menjadi manusia. Setelah berubah, ternyata dia hanya punya 100 hari untuk menemukan sang cinta sejati. Kalau tidak, dia bakal berubah menjadi buih-buih di lautan. Plot-nya agak sedih. Tapi tidak apa. Chemistry para aktor, sentuhan komedi, dan naskahnya cukup menghibur.

 

5. My Girlfriend is a Gumiho

Siluman rubah ini umum ditemui di kisah-kisah legenda Korea dan Jepang. Mereka biasanya menyamar menjadi perempuan cantik. Lalu memikat para pria untuk masuk hutan, untuk disantap livernya. Gory, ih. Tentu di k-drama tidak begitu.

Gumiho digambarkan cakep-cakep, dan memiliki kemampuan supernatural yang sangat berguna untuk membantu manusia. Mereka juga dengan mudah beradaptasi dengan kehidupan modern. Dalam serial My Girlfriend is a Gumiho (2010), Shin Min-ah memikat kita dengan kepolosan dan keimutan ala manusia. Bikin siapa pun gemas kepingin dimakan hatinya.(Retna Christa-Harian Disway)

Artikel Terkait
Entertainment
Rayakan 14 Tahun di Dunia Hiburan, ini 5 Rekomendasi Drakor Park Hae Jin!

Korea
Golden Spoon jadi Drama Perdana Sungjae BTOB Usai Wamil?

Korea
First Impression Move to Heaven: Memaknai Kehidupan dari Mereka yang Telah Tiada