Tech

Beli Aplikasi Squad, Twitter Bakal Bikin Fitur Hangout Virtual Lewat Video Call

Kezia Kevina Harmoko

Posted on December 13th 2020

(Twitter)

Sepertinya Twitter lagi gencar-gencarnya bereksperimen sama fitur baru. Setelah meluncurkan fitur menggemparkan yaitu story alias Fleets, kini media sosial satu ini dikabarkan membeli aplikasi bernama Squad.

Aplikasi tersebut memungkinkan kita hangout secara virtual dengan teman-teman melalui video call dan screen sharing. Terdengar mirip Google Meet sama Zoom ya?

Memang terdengar mirip. Intinya sama kok seperti dua platfrom tersebut, tapi Squad punya tampilan yang lebih gaul dan nggak terlalu formal. Tujuannya memang untuk hangout, jadi bukan powerpoint yang ditampilkan, tapi bisa video YouTube, TikTok, IGTV, atau media-media lain yang asyik. Bisa untuk mobile ataupun desktop kok.

(Squad)

Nah, aplikasi yang banyak digunakan remaja cewek di negara Amerika Serikat ini resmi dibeli sama Twitter. Sabtu (12/11) lalu, Squad akhirnya berhenti beroperasi. Tinggal tunggu aja Twitter menampilkan fitur telepon video dan bagikan layar.

Keputusan Twitter membeli Squad bisa jadi menandakan kalau perusahaan tersebut bakal menghentikan aplikasi live streaming buatan mereka yaitu Periscope. Ada yang masih ingat sama aplikasi itu? Hampir terlupakan memang. Dari tahun ke tahun, Periscope memang gak mengalami perkembangan yang berarti.

Mungkin Twitter berpikir untuk membawa fitur live streaming langsung ke aplikasi utamanya, tanpa perlu aplikasi terpisah seperti Periscope. Kan orang-orangnya sudah banyak di Twitter, tinggal tambah fiturnya aja deh~

Sebelumnya Twitter meluncurkan fitur audio tweet di pertengahan tahun lalu. Media sosial satu ini juga sudah menguji coba fitur Clubhouse, fitur yang memungkinkan beberapa pengguna saling berbicara dalam bentuk audio di kelompok-kelompok kecil.

Yang paling kontroversial, Twitter merilis fitur story, fitur tiruan yang paling banyak dimiliki media sosial lain. Nah, kita tinggal tunggu aja nih Twitter jadi tempat belajar-mengajar daring kayak Google Meet atau Zoom. (*)

Related Articles
Tech
Twitter Hapus Fitur ‘Fleets’, Cuma Bertahan 8 Bulan karena Pengguna Sedikit

Tech
Twitter Tambah Stiker dan GIF untuk Fleets, Jadi Makin Mirip InstaStory

Tech
Twitter Ikutan Punya Fitur Story Bernama ‘Fleets’, Bisa Dipakai Semua Pengguna!