Hobi

PlayStation 5 Pecahkan Rekor Penjualan Game Konsol di Amerika

Ahmad Redho Nugraha

Posted on December 13th 2020

PlayStation 5 alias PS5 telah berhasil memecahkan rekor penjualan game konsol di Amerika Serikat.

Menurut Mat Piscatella, direktur eksekutif grup penyedia analisis data industri game AS, NPD, PS5 telah “mencapai rekor tertinggi penjualan hardware video game dalam bulan peluncuran perdananya, baik dari segi jumlah unit terjual maupun total nilai penjualannya dalam dolar, di sepanjang sejarah AS.”

Rekor terbaru ini memecahkan rekor sebelumnya yang juga dipegang oleh Sony dengan konsol PS4.

“Bulan peluncuran perdana tidak memiliki korelasi langsung dengan performa (penjualan) jangka panjang, sehingga kupikir keberhasilan dalam peluncuran perdana hanya menandakan jika Sony cukup yakin dengan kemampuan mereka menjual konsol, tidak lebih,” demikian kata Piscatella via GameDaily.

Piscatella juga mengatakan jika dia optimis terhadap prospek kedua konsol generasi terbaru, yaitu PS5 dan Xbox Series X. Namun dia juga menggarisbawahi jika baginya, keberhasilan penjualan di bulan peluncuran tak lebih dari jumlah total unit yang diproduksi dan berhasil terdistribusikan pada saat itu.

Menurutnya, konsumen video game konsol membelanjakan hingga USD1,4 miliar untuk konsol video game baru pada bulan November, yang mana menaikkan persentase jumlah penjualan konsol video game hingga 58% dibandingkan tahun 2019. Piscatella menyebut perilisan PS5 dan Xbox Series X sebagai penyebab kenaikan tren tersebut.

Meski demikian, Sony masih jauh dari melampaui rekor yang dipegang Nintendo Switch di AS. Nintendo Switch telah memegang rekor sebagai platform game best-selling dalam 24 bulan berturut-turut, dan kini tetap menyandang predikat sebagai konsol dengan performa penjualan terbaik dalam sejarah AS.

“Nintendo telah menjadikan Switch sebagai kebutuhan yang “wajib” dan adiktif bagi pasar, tanpa bersaing langsung dengan PlayStation atau Xbox,” lanjut Piscatella. Hal tersebut dikarenakan gamer cenderung merasa tidak harus memilih antara memiliki Xbox/PlayStation dengan Nintendo Switch, sehingga sangat mungkin pemilik PS dan Xbox juga memiliki Nintendo Switch.

“Semuanya tampak menjual dengan baik. Aku tidak tahu apakah pertumbuhan 35% di November ini akan terus berlanjut di bulan-bulan berikutnya, kita lihat saja,” timpal Piscatella. (*)

Related Articles
Hobi
The Lord of The Ring akan Rilis Game Baru. Karakter Utamanya Gollum

Hobi
Inilah 7 Game Paling Dinantikan yang akan Rilis Tahun 2021!

Hobi
Kapan Game Genshin Impact Akan Dirilis di Nintendo Switch?