Korea

Dispatch Ungkapkan Hasil Tes Covid-19 Chungha yang Awalnya Negatif

Delima Pangaribuan

Posted on December 8th 2020

(Dispatch)

Kabar Chungha yang positif Covid-19 mau tak mau membuat dunia hiburan KPop agak bergoncang. Pasalnya, cukup banyak artis atau idol yang berinteraksi dengan Chungha dua pekan belakangan. Begitu kabar positifnya Chungha ini merebak, para artis pun berbondong-bondong melakukan tes juga.

Namun, seperti diberitakan Koreaboo, kabar itu kemudian berkembang menjadi banyak rumor yang justru bikin dunia hiburan jadi terlalu gaduh. Karena muncul nama-nama yang jelas berkontak dengan Chungha. Antara lain Mina Gugudan, Sana TWICE, Chaeyeon DIA, dan Yeonjung WJSN.

Chungha sebagai pusat pemberitaan pun tak luput dari komentar warganet. Mereka menganggap Chungha kurang hati-hati sehingga menyebabkan banyak idol cewek berisiko terpapar juga. Mereka bahkan membahas soal postingan Chungha di fancafe yang dia unggah satu jam sebelum hasil tes diumumkan ke publik.

Dalam postingan itu, Chungha masih tampak bersikap biasa. Dispatch pun melakukan penelusuran dan menemukan bahwa pada 7 Desember pukul 12.36 KST itu, hasil tes Chungha belum dinyatakan positif.

Malah, Dispatch menemukan bahwa awalnya hasil tes Chungha negatif. Hasil itu dikeluarkan pada sehari sebelumnya, 6 Desember pukul 7.34 KST. Meski demikian, Chungha memutuskan untuk tinggal di rumah karena khawatir akan situasi di luar.

Barulah pada 9.30 KST 7 Desember, hasil tes Chungha berubah jadi positif dan baru diumumkan beberapa jam setelahnya. Setelah Chungha berinteraksi lewat fancafe dengan fansnya.

Menurut laporan Dispatch, ternyata ada salah pembacaan pada sistem di rumah sakit tempat Chungha melakukan tes. Komputer di ruang darurat RS mengeluarkan hasil negatif padahal aslinya positif.

Atas situasi yang tak terhindarkan ini, MNH Entertainment selaku agensi Chungha pun meminta pengertian para fans dan publik. Karena ini bukan kesalahan Chungha.

"Kami paham bagaimana sulitnya keadaan sekarang bagi paramedis. Karenanya, kami tidak akan menyalahkan mereka atas kekeliruan ini. Bagaimanapun, tolong tahan diri dari menyampaikan komentar jahat seperti 'Chungha masih berkeliling meskipun baru menjalani tes Coronavirus' atau 'Chungha menyembunyikan hasil tes positifnya supaya bisa bertemu orang-orang'," pesan MNH dalam pernyataan resmi mereka.

Diduga bahwa Chungha terpapar setelah mengunjungi sebuah pusat olahraga pada 2 Desember. Kemudian pada 5 Desember diketahui ada kasus positif dari pusat olahraga tersebut. Malam sebelumnya, 4 Desember, Chungha sempat bertemu dengan teman-teman idol-nya di rumah Mina Gugudan dan Chungha sendiri. (*)

Artikel Terkait
Korea
Chungha dan Sana TWICE Keluar Karantina Setelah 11 Hari

Korea
Agensi Benarkan Chungha Positif Covid-19, Begini Pesan Chungha untuk Fans

Entertainment
2 Staf Kena Coronavirus, Chungha Batal Tampil di 88rising Head in the Clouds