Current Issues

Kasus Masih Tinggi, Ketua Satgas Covid-19 Minta Libur Natal-Tahun Baru di Rumah

Dwiwa

Posted on December 8th 2020

Kasus Covid-19 di Indonesia masih belum mengalami tanda-tanda penurunan. Bahkan dalam beberapa minggu terakhir, kasusnya terus merangkak naik. Secara keseluruhan ada 581.550 kasus Covid-19 yang terkonfirmasi dengan 17.867 di antaranya meninggal dunia.

Masih tingginya kasus Covid-19 di Indonesia membuat para ahli merasa khawatir akan potensi terjadinya lonjakan kasus pada libur Natal-Tahun Baru mendatang. Pasalnya beberapa libur panjang sebelumnya telah terbukti memicu terjadinya lonjakan kasus.

Mengantisipasi hal ini, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo pun meminta seluruh masyarakat Indonesia untuk menghabiskan liburan kali ini dengan di rumah aja. Hal ini demi menghindari terjadinya kerumunan sehingga risiko penularan virus SARS-Cov-2 lebih kecil.

“Kami mengajak liburan kali ini adalah liburan yang aman, liburan yang juga harus nyaman, tanpa jalan-jalan tanpa bepergian,” ujar Doni seperti dikutip dari Antara News. Selain itu, dia juga mengingatkan masyarakat untuk tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan meski sudah ada vaksin.

“Meski sudah ada vaksin, kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan. Bapak presiden menggarisbawahi pentingnya 3M dan 3T,” jelasnya.

Tiga M yang dimaksud adalah memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun dan air. Upaya ini akan semakin efektif jika dilengkapi dengan tracing, testing, dan treatment yang juga dikenal sebagai 3T.

Sebagai informasi, 1,2 juta vaksin Covid-19 Sinovac dari Tiongkok sudah tiba di Indonesia pada Minggu (6/12). Vaksin ini masih belum mengeluarkan data keamanan dan kemanjuran dari uji klinis yang ketiga karena pengujian masih berlangsung.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) juga masih akan menunggu hasil uji ketiga dan melakukan sejumlah observasi untuk memastikan kemanan dan khasiatnya sebelum mengijinkan penggunaan vaksin secara darurat atau emergency use autorization (UEA).

Jadi diingat yah, liburan kali ini kita di rumah aja. Tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, hindari kerumunan, dan jangan lupa untuk selalu menerapkan pola hidup bersih dan sehat ya. Stay safe! (*)

Related Articles
Current Issues
Ngeri! 44,9 Juta Warga Indonesia Percaya Kebal Covid-19

Current Issues
Waduh, Cuma 50 Persen Warga Amerika Serikat yang Mau Divaksin

Current Issues
Perlu Nggak sih Pake Masker Kalau Sudah Divaksin Covid-19?