Korea

Penyemprotan Disinfektan di MAMA 2020 Tuai Kritik, Kenapa?

Delima Pangaribuan

Posted on December 7th 2020

(Koreaboo)

Jumlah kasus Covid-19 yang kembali meningkat di Korea Selatan, dunia hiburan di sana juga harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan yang masih ketat. Gak heran kalau kemudian di Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2020 diberlakukan beberapa penyesuaian.
 
Mau gak mau mereka harus menjalankan sejumlah upaya preventif guna mencegah penyebaran virus selama acara. Salah satunya, melansir Koreaboo, adalah dengan menyemprotkan disinfektan dilokasi acara. Disinfektan ini disemprotkan di setiap jeda penampilan para artis.
 
Ide ini sebenarnya cukup bagus dan banyak yang mengapresiasi. Tapi nggak sedikit juga penonton serta warganet yang mengkritik penyemprotan disinfektan berkali-kali selama acara itu. Lho kok?
 

Ternyata menurut mereka, penyemprotan disinfektan dirasa kurang efektif mengurangi risiko penularan. Jadi bisa dibilang kalau nyemprot berkali-kali di jeda penampilan artis itu cuma buang-buang cairan disinfektan aja. Bahkan ada yang menilai kalau spray disinfektan berbahaya buat para artis yang tampil tanpa masker, karena mau gak mau mereka menghirup disinfektan beralkohol tersebut.
 
"Bukannya bahaya kalau mereka menyemprot disinfektan seperti itu sementara orang lain di panggung nggak pakai masker? Disinfektan gak seharusnya dihirup. Aku khawatir sama tingkat cakupannya yang lebar," komentar seorang warganet seperti dikutip Koreaboo.
 
Kostum petugas yang menyemprot disinfektan juga nggak luput dari komentar warganet. Alih-alih pakai baju hamzat biasa, penyemprotnya dipakaikan kostum ketat berwarna metalik dan high heels. 
 

Mungkin niatnya untuk menyesuaikan dengan acaranya yang tergolong event hiburan, ya. Tapi menurut warganet, selain mengganggu pemandangan, pakaian ini juga gak aman buat petugasnya.
 
Warganet pun mengambil kesimpulan kalau Mnet kurang serius menerapkan protokol kesehatan dan kurang peduli pada upaya mencegaah penyebaran virus dengan cara yang tepat. Daripada menyemprot disinfektan sepanjang waktu, penonton berpikir kalau bakal lebih efektif kalau semua pengisi acara dipakaikan masker atau face shield. 
 
Betul juga, ya. Gimana menurut kalian? (*)
Related Articles
Korea
Staf 'True Beauty' Minta Maaf Setelah Dikritik Soal Tak Pakai Masker

Korea
BTS Sapu Bersih Empat Daesang MAMA untuk Kedua Kalinya

Korea
Udah Fixed, MAMA 2020 Bakal Tetap Digelar Desember