Current Issues

Gunung Berapi di Indonesia Ini Sedang Erupsi, Ada yang Tinggal di Sekitarnya?

Dwiwa

Posted on December 2nd 2020

 

Sudah pada tahu kan kalau Indonesia ini adalah negara yang memiliki banyak gunung berapi. Setidaknya ada 139 gunung berapi yang tersebar di berbagai pulau Indonesia. Bukan hal yang aneh mengingat bumi pertiwi memang bagian dari Cincin Api Pasifik atau yang dikenal sebagai ring of fire.

Dan mendekati pergantian tahun, beberapa diantaranya telah menunjukkan peningkatan aktivitas yang membuat penduduk di sekitarnya terpaksa harus mengungsi. Mulai dari pulau Sumatera hingga Nusa Tenggara Timur, berikut daftar gunung berapi yang tengah erupsi menjelang pergantian tahun.

 

1. Sinabung, Sumatera Utara

Setelah sempat tidur selama 400 tahun, gunung Sinabung akhirnya kembali erupsi pada 2010. Erupsi pertama ini menjadi awal dari erupsi-erupsi di tahun berikutnya yang terjadi secara rutin. Bahkan semenjak 20 Mei 2019, status Sinabung ada di level III atau siaga.

Pada Jumat (30/10), awan panas meluncur hingga 2 kilometer dan berdampak pada setidaknya tiga kecamatan, Dolat Rakyat, Merdeka, dan Berastagi. Kemudian pada Senin (2/11) dan Sabtu (7/11), semburan awan panas kembali terjadi.

Dilansir dari situs Magma Indonesia pada hari ini (2/12) terjadi satu kali gempa letusan/erupsi dengan amplitudo 32 mm. Masyarakat dan pengunjung pun dihimbau tidak melakukan aktivitas di desa yang sudah direlokasi serta yang berada dalam radius 3 km dari puncak, serta radius sektoral 5 km untuk sektor selatan-timur, dan 4 km untuk sektor timur-utara.

 

2. Merapi, D.I Yogyakarta - Jawa Tengah

Gunung Merapi semakin menunjukkan peningkatan aktivitas vulkanik pada November. Tercatat ada kegempaan internal yang mencapai 400 kali/hari selama November 2020. Kondisi ini membuat status gunung berapi tetap berada di level III atau siaga.

Ribuan orang sudah mengungsi untuk mengantisipasi letusan dari gunung yang terletak di perbatasan wilayah Jawa Tengah dan D.I Yogyakarta ini. Potensi bahaya yang dikhawatirkan dari letusan Merapi adalah guguran lava dan lontaran material vulkanik jika terjadi letusan eksplosif serta awan panas sejauh 5 km.

Meski diprediksi jika letusan kali ini cukup besar, data pemantauan yang di dapat membuat para ahli menyimpulkan jika erupsi kali ini cenderung mengikuti perilaku erupsi 2006. Sehingga erupsinya tidak akan sebesar tahun 2010 yang menewaskan hampir 300 orang termasuk juru kunci Mbah Maridjan.

 

3. Semeru, Jawa Timur

Status Gunung Semeru sudah berada di level II atau waspada sejak 2 Mei 2012. Dan pada Selasa (1/12), gunung yang terletak di Jawa Timur ini mengalami erupsi dengan guguran awan panas meluncur sampai 11 kilometer dari kawah.

Sejak tanggal 1 Oktober  sampai 30 November, telah terjadi erupsi secara terus menerus. Erupsi ini menciptakan kolom abu dengan tinggi maksimal 500 meter di atas kawah. Guguran batuan dari puncak juga terus terjadi.

Meski begitu, menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kasbani menyebut jika ini hanya erupsi kecil. Aktivitas vulkaniknya tidak intens sehingga status dari gunung ini tetap Waspada.

 

4. Ili Lewotolok, Nusa Tenggara Timur

Tidak hanya Semeru, Gunung Ili Lewotolok yang terletak di Nusa TenggaraTimur juga mengalami erupsi di hari yang sama. Abu yang disemburkan oleh gunung ini mencapai 1,5 km di atas puncak.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun erupsi memaksa setidaknya 4.628 orang harus meninggalkan rumah dan menempati tujuh titik lokasi  pengungsian.

Hingga saat ini, status gunung ini masih berada di level III atau siaga. Pada Rabu (2/1) terjadi dua kali gempa letusan/erupsi dengan amplitudo 28-30. Masyarakat maupun pengunjung/wisatwan/pendaki pun dihimbau untuk tidak melakukan aktivitas dalam zona bahaya di area kawah dan seluruh area dalam radius 4 km.

Nah, itu tadi beberapa gunung berapi di Indonesia yang sedang mengalami peningkatan aktivitas. Jika kalian tinggal di sekitarnya selalu patuhi pejabat setempat dan siapkan masker ya untuk mengantisipasi kalau terjadi erupsi besar sewaktu-waktu.

Dan jika kalian berencana berkunjung ke salah satunya, mungkin bisa diatur ulang jadwalnya. Atau jika tidak dibatalkan, patuhi aturan setempat dan hindari lokasi yang masuk dalam zona bahaya. Keep safe ya guys! (*)

Related Articles
Current Issues
Ini Daftar Kabupaten/Kota yang Terapkan PPKM Darurat Paling Ketat

Interest
Erupsi Gunung Taal Potensi Tsunami, KBRI Filipina Siap Evakuasi WNI

Current Issues
Banyak Zona Merah Nih, Yuk Tahun Baruan di Rumah Aja