Korea

Pengen Jadi Idol KPop? Ini 10 Aturan yang Harus Kalian Ikuti

Delima Pangaribuan

Posted on December 2nd 2020

(Koreaboo)

 
Menjadi idol KPop kayaknya udah sah dijadikan salah satu cita-cita anak muda zaman sekarang. Khususnya di Korea Selatan. Ngeliat prestasi yang didapatkan oleh para idol, kayaknya keren banget gitu kalau bisa jadi kayak mereka. Gak cuma good looking dan multitalenta, mereka juga bisa menjadi pengaruh positif bagi banyak orang.
 
Tapi seperti sudah jadi rahasia umum, menjadi idol bukan perkara gampang. Ada banyak hal yang harus dijaga, juga aturan yang harus diikuti. Melansir Koreaboo, seorang artis KPop dan YouTuber bernama Grazy Grace membeberkan apa-apa saja yang harus mereka penuhi sebagai idol KPop.
 
Grazy Grace bercerita tentang pengalamannya sendiri selama terjun ke dunia entertainment Korea Selatan itu. Kebanyakan yang dia alami karena dia seorang idol cewek, tapi aturan-aturan ini juga berlaku untuk idol secara keseluruhan. Termasuk cowok juga. Berikut 10 aturan yang dikasih tahu Grazy Grace.

 
1. Gak boleh punya pacar
Ini udah gak perlu dipertanyakan lagi ya. Rata-rata idol cewek memang dilarang punya pacar. Menurut Grazy Grace, alasannya karena agensi lebih memberatkan idol cewek dan mereka ingin menjaga citra idol cewek se-pure mungkin. Dan ada anggapan bahwa sekali pacaran, maka idol cewek bakal memikirkan untuk mundur saja dari dunia entertainment dan meninggalkan karirnya.
 
2. Gak boleh ngobrol sama lawan jenis di agensi
Menyambung aturan pertama, idol cewek pun dilarang ngobrol sama lawan jenis dalam satu agensi atau satu kantor! Kalau sekedar salam sapa dalam konteks formal sih bisa saja, tapi mereka dilarang keras ngobrol akrab kayak teman sama artis lawan jenis. Agensi biasanya bakal mengatur jadwal kedua grup cowok dan ceweknya supaya gak ketemu dalam kesempatan yang sama.

 
3. Agensi boleh ngecek HP
Kayaknya hampir mustahil manusia zaman sekarang gak hidup dengan HP. Tak terkecuali idol. Tapi mereka punya aturan yang lebih strict, gak sebebas orang lain. Agensi biasanya mengatur bahwa pihak mereka bisa ngecek HP trainee atau idol kapan saja. Makanya idol dan trainee harus bener-bener menjaga supaya gak ada hal-hal aneh dalam HP mereka. Terutama chatting sama cowok.
 
4. Gak boleh makan junk food
Aduh siapa sih yang gak suka junk food? Banyak orang pasti pengen makan junk food sesekali, kecuali yang bener-bener vegetarian dan ingin hidup sehat. Idol dididik supaya punya pola makan yang sehat kayak gitu sehingga mereka pun dilarang makan junk food. Soalnya, makanan instan bisa naikin berat badan. Punya badan ideal juga salah satu tuntutan buat idol. Naik berapa ons aja, mereka bisa langsung disidang sama agensi.
 
5. Wajib selalu kontak sama manajer
Ingat gak waktu masih sekolah dulu, kita diminta buat selalu kontak sama orang tua kalau ada apa-apa? Yup, bagi idol, orang tua itu adalah manajer. Mereka wajib, harus, kudu, gak boleh nggak, keep in touch dengan manajer mereka. Kalau manajer telepon, idol harus siap sedia mengangkat telepon. Kalau gak, siap-siap aja kena damprat.
 
6. Dilarang kongkow
Ini berat sih, apalagi buat idol dan trainee yang notabene masih muda dan masih suka main. Agensi biasanya menetapkan aturan bahwa setelah latihan, mereka harus langsung pulang dan istirahat karena jadwal mereka padat banget. Grazy bercerita kalau sebenarnya hal ini bikin mereka jadi hemat, tapi bikin stres juga karena mereka jadi gak bisa ngapa-ngapain.
 
7. Gak boleh main medsos
Gak tau ya apakah hal ini masih berlaku sekarang karena banyak juga idol yang udah punya akun medsos. Tapi berdasar pengalaman Grazy, trainee atau idol gak boleh punya medsos. Setidaknya yang diketahui sama fans. Mereka masih boleh punya asal itu private banget. Dan foto serta captionnya harus dengan persetujuan agensi. 
 
8. Gak boleh ganti-ganti gaya rambut sendiri
Sering lihat kan kalau idol KPop hobi gonta-ganti gaya rambut setiap comeback. Tapi itu semua mengikuti konsep yang ditentukan agensi. Mereka gak bisa pilih gaya rambut sendiri atau potong/mewarnai rambut sesuka hati, kapan saja, di luar jadwal yang ditetapkan agensi. 
 
9. Dilarang part time
Yang ini juga berat banget menurut Grazy Grace. Sebagai trainee atau idol pendatang baru, penghasilan mereka biasanya kecil banget. Tapi agensi juga mengatur kalau mereka gak boleh cari kerjaan lain alias part time. Karena kalau dapat duit pun mau dipakai buat apa? Nongkrong gaboleh, ini gaboleh, itu gaboleh...
 
10. Harus hormat sama yang lebih tua
Memberi penghormatan dengan cara membungkuk 90 derajat adalah hal yang biasa di Korea Selatan. Tapi bagi idol, mereka dituntut untuk lebih hormat lagi.
 
Mereka harus membungkuk pada SETIAP orang yang dituakan, bungkuknya harus sempurna dan gak boleh ada cacat cela. Grazy bercerita kalau dia pernah kasih salam sambil naruh tangan di saku jaket karena kedinginan. Eh, habis itu dia langsung dimarahi agensinya karena dianggap nggak sopan. (*)
 
Related Articles
Korea
Pemerintah Korsel Siapkan Aturan Baru untuk Agensi Hiburan, Apa Aja?

Korea
Idol dan Agensi Kecil Ini Cerita Susahnya Industri KPop Gara-gara Pandemi

Korea
5 Hal yang Bisa Bikin Trainee Idol KPop Didepak Agensi