Current Issues

Berapa Lama Sih Waktu Aman Lepas Masker di Ruangan Penuh Orang? Ini Kata Ilmuwan

Dwiwa

Posted on December 1st 2020

Otoritas kesehatan di seluruh dunia telah menyarankan orang-orang untuk memakai masker, menjaga  jarak 2 meter dari orang lain, dan mencuci tangan dengan sabun untuk menghindari tertular Covid-19.

Protokol kesehatan ini memang dapat menurunkan risiko, tetapi juga bukan menjadi solusi mujarab dalam mengatasi pandemi. Masih ada faktor risiko lain yang juga berperan, termasuk durasi ketika berada satu ruang dengan orang terinfeksi.

Dan tampaknya, para ilmuwan mulai mendapatkan titik terang tentang berapa lama seseorang satu ruangan dengan orang terinfeksi sebelum akhirnya tertular.

Dilansir dari Bestlife, sepasang ilmuwan dari Massachussetts Institute of Technology (MIT) mengembangkan sebuah situs berbasis model transmisi matematis yang memungkinkan pengguna melihat risiko yang ditimbulkan dengan memilih kondisi sangat spesifik dalam situasi tertentu, seperti ukuran ruangan, penggunaan masker dan jenisnya, ventilasi, tingkat kelembaban, dan kerumunan.

Alat ini memungkikan untuk melihat seberapa kemungkinan bahaya dalam sebuah situasi di dunia nyata, mulai dari duduk di ruang tamu bersama teman, berbelanja di Walmart hingga menghadiri konser besar.

Meskipun kemungkinannya tidak terbatas, ini menjadi lebih jelas faktor mana saja yang dapat menciptakan risiko paling besar.  John Bush, PhD, salah satu pembuat situs dan profesor matematika di MIT, mengatakan bahwa meskipun protokol kesehatan sangat membantu, berasumsi jika itu seratus persen efektif di semua situasi adalah hal berbahaya dan terlalu sederhana.

Misalnya, sebuah situasi yang dilihat Fast Company dalam makan malam Thanksgiving di ruangan berukuran berukuran 20 x20 kaki dengan 10 orang yang hadir, kelembaban normal, volume bicara normal, dan masker dilepas untuk makan.

Alat tersebut menemukan kalian bisa secara aman berada dalam situasi tersebut hanya selama 18 menit sebelum infeksi mungkin terjadi. Mengubah detail kecil dalam skenario makan juga sangat mempengaruhi hasil.

Jika tuan rumah dan semua tamu menggunakan masker yang terbuat dari kain kasar selain waktu makan, misalnya, jumlah waktu aman bisa naik dua menit. Dan hanya dengan membuka jendela dan meningkatkan ventilasi, kalian mendapat enam menit tambahan.

“Untuk melindungi dari penularan melalui udara, masuk akal bahwa waktu paparan, ukuran ruang, ventilasi, dan aktivitas manusia harus dipertimbangkan,” jelas Martin Z. Bazant PhD, salah satu pencipta alat tersebut.

Dia menambahkan, berdiri dengan jarak 1,8 meter aman untuk beberapa detik, tetapi mungkin tidak untuk beberapa jam. Sementara jarak sosial bisa dikurangi dengan aman jika masker digunakan.

Dalam skenario ruang makan yang sama, risiko kalian berubah secara drastis dengan beberapa upaya lain, msialnya mengganti masker kain menjadi masker kelas bedah. Ini membuat jumlah waktu aman bersama dengan orang positif Covid-19 meningkat menjadi dua jam.

Tetapi apa yang terjadi ketika kesalahan sederhana diperhitungkan? Ketika orang-orang menarik masker kebawah hidung atau tidak menggunakannya dengan benar, waktu aman menurunmenjadi hanya 32 menit. Bahkan perubahan kecil ini memiliki pengaruh sangat besar dalam seberapa aman suatu skenario.

Satu-satunya masalah dari alat MIT ini adalah masing-masing dari skenario ini diasumsikan hanya ada satu orang saja yang terinfeksi. Ini menimbulkan masalah karena melonjaknya jumlah kasus membuat kemungkinan lebih banyak orang menyebarkan Covid dalam satu ruang, terutama jika ruangan itu besar.

Menurit Fast Company, membuat pengaturan untuk meniru sebuah supermarket seluas 180 ribu kaki persegi menemukan bahwa akan aman menghabiskan 68 menit berbelanja jika seribu pelanggan dengan taat mengenakan masker kain dan hanya satu orang terpapar Covid.

Tetapi jika terjadi situasi seperti di Chicago Amerika Serikat dimana satu dari 15 orang terinfeksi, menginjakkan kaki ke dalam untuk berbelanja akan menjadi skenario yang jauh lebih berisiko.

Nah sudah tahukan berapa lama kira-kira waktu aman kita jika satu ruang dengan orang terinfeksi? Daripada mengambil risiko, tinggal di rumah dan hanya keluar untuk urusan penting tampaknya menjadi pilihan yang lebih bijak. (*)

Related Articles
Current Issues
Kasus Covid-19 Bikin Rekor Lagi, Lonjakan Pada Januari 2021 Perlu Diantisipasi

Current Issues
Seminggu Cetak 3 Kali Rekor! Yuk Makin Disiplin Protokol Covid-19

Current Issues
Penggunaan Masker Menurun, Kasus Covid-19 Membengkak