Current Issues

Ternyata, Hanya 16 Persen Sekolah yang Siap dengan Pembelajaran Tatap Muka

Dwiwa

Posted on December 1st 2020

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim telah memberikan ijin bagi sekolah untuk kembali membuka sekolah pada 2021. Tetapi menurut survei yang dilakukan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pada Juni hingga November, hanya ada 16,32 persen sekolah yang siap melakukan pembelajaran di kelas.

Dilansir dari The Jakarta Post, Komisioner KPAI Reno Listyarti mengungkap jika survei dilakukan dengan mengamati 48 sekolah dasar dan menengah di 21 kota dan kabupaten di delapan propinsi : Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta, Bengkulu dan Nusa Tenggara Barat.

Dalam survei yang dilakukan KPAI mengamati ada tidaknya sarana prasarana kebersihan serta tingkat kepatuhan protokol kesehatan. Hasilnya, masih banyak sekolah yang tidak siap. Bahkan hanya ada 14,28 persen yang memiliki wastafel dengan air mengalir dan sabun.

Padahal untuk bisa dibuka kembali, sekolah harus mematuhi sejumlah aturan tertentu, termasuk penerapan protokol kesehatan yang ketat. Sedangkan menurut temuan KPAI, masih banyak pelanggaran protokol kesehatan yang ditemukan.

Sebagai bentuk persiapan, Satgas Covid-19 juga telah meminta pemerintah daerah untuk membantu sekolah melakukan simulasi pendidikan tatap muka dengan menjalankan protokol kesehatan setidaknya satu setengah bulan sebelum sekolah dibuka kembali.

“Untuk menciptakan kondisi ideal pembelajaran tatap muka, simulasi yang melibatkan orang tua, sekolah, dan pemerintah daerah perlu dilakukan,” ujar juru bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito baru-baru ini.

Dia mengatakan simulasi harus menilau seberapa siap sekolah dalam menyeduakan toilet bersih, fasilitas mencuci tangan, lokasi untuk menempatkan hand sanitizer, disinfeksi dan thermogun, serta harus menentukan apakah mereka memiliki akses ke fasilitas kesehatan yang memadai.

KPAI sendiri menuding pemerintah melalaikan tanggung jawab dengan membuat pemerintah daerah bertanggung jawab atas persiapan kesehatan yang diperlukan. KPAI pun mendesak agar pemerintah pusat membangun sistem informasi, koordinasi dan pengaduan yang tepat sehingga terjalin kerja sama pusat dan daerah dalam persiapan pembukaan kembali sekolah.

Nah, jika tahun depan sekolah kalian ternyata salah satu yang sudah buka kembali, cek persiapan apa yang perlu dilakukan agar terhindar dari Covid-19 di sini. Kalian juga bisa membantu mengecek persiapan apa saja yang diperlukan sekolah di sini. (*)

Related Articles
Current Issues
Penelitian Terbaru: Jarak Antarsiswa 90 Cm Sudah Dianggap Aman

Current Issues
Antisipasi Klaster Sekolah, Yuk Ingat Kembali Persiapan Saat PTM

Current Issues
Semakin Banyak Ahli Meminta Pemerintah Pertimbangkan Kembali Membuka Sekolah