Current Issues

Seminggu Cetak 3 Kali Rekor! Yuk Makin Disiplin Protokol Covid-19

Dwiwa

Posted on November 30th 2020

Menjelang akhir tahun belum ada kabar baik soal jumlah kasus Covid-19 di Indonesia. Alih-alih menurun, peningkatan kasus harian justru melonjak tajam. Dalam sepekan terakhir, Indonesia bahkan sudah mencetak tiga rekor kasus harian baru.

Rekor baru dipecahkan pada Rabu (25/11), dimana jumlah kasus harian mencapai 5.534. Selang dua hari, atau tepatnya pada Jumat (27/11), kasus harian kembali mencatat rekor 5.828 kasus. Terbaru, Minggu (29/11) kasus harian tembus angka 6 ribu, tepatnya 6.267.

Meski angka kesembuhan yang dipaparkan oleh satuan tugas Covid-19 juga cukup tinggi, tetapi masyarakat tidak boleh terkecoh dan menganggap penyakit ini sepele. Pasalnya, jumlah kasus aktif juga membengkak dalam empat hari terakhir terhitung sejak 26 November.

Membengkaknya jumlah pasien ini tentu berdampak pada ketersediaan tempat tidur dan ruang perawatan di rumah sakit. Bukan hanya tentang orang-orang sakit yang berpotensi tidak mendapat perawatan layak, tetapi juga adanya kemungkinan petugas medis yang kewalahan.

Dilansir dari CNBC, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito pada Kamis (26/11) mengatakan jika lonjakan kasus ini harus menjadi peringatan bagi seluruh penduduk Indonesia. Kemungkinan kasus bertambah masih sangat besar.

Menurutnya, bertambahnya kasus ini bisa terjadi karena penularan masih terus berlangsung di masyarakat. Karena itu, penting sekali bagi masyarakat untuk lebih ketat dalam menerapkan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun di air mengalir.

Meski secara keseluruhan kasus Covid-19 saat ini sudah menyentuh angka 534.266, tetapi banyak ahli yang memprediksi jika jumlah sebenarnya jauh lebih besar. Pasalnya, positivity rate di Indonesia masih tinggi yang menunjukkan masih tingginya transmisi lokal yang terjadi.

Dalam akun Instagram pribadinya, Presiden Joko Widodo juga mengingatkan masyarakat untuk tidak lelah menghadapi pandemi Covid-19. Bersama unggahan tersebut, akun resmi Jokowi juga mengunggah komik strip perjalanan pandemi dan respon masyarakat.

“Sembilan bulan dalam pandemi adalah sembilan bulan ujian bagi kesabaran dan kekuatan kita sebagai bangsa. Jangan pernah lalai, jangan pernah kendur, dan jangan patah semangat. Lindungi diri sendiri dan orang-orang tersayang,” tulis akun @jokowi.

Nah tu guys, pak Jokowi aja sudah mengingatkan nih. Jadi kalian juga jangan kendor ya menerapkan protokol kesehatan. Selain menerapkan 3M, jangan lupa untuk selalu memperhatikan ventilasi, durasi dan jarak saat bertemu dengan orang lain.

Untuk sementara, tahan dulu keinginan untuk berkumpul atau nongkrong di tempat-tempat yang ramai. Selain itu, jangan lupa untuk memilih masker yang sesuai standar agar perlindungan yang diberikan jadi lebih maksimal.

Jika bingung jenis masker apa yang paling efektif, kalian bisa mengeceknya di sini. Jika terpaksa harus bepergian, intip beberapa tips dari pakar kesehatan pada link ini. (*)

Related Articles
Current Issues
Berapa Lama Sih Waktu Aman Lepas Masker di Ruangan Penuh Orang? Ini Kata Ilmuwan

Current Issues
Kasus Covid-19 Bikin Rekor Lagi, Lonjakan Pada Januari 2021 Perlu Diantisipasi

Current Issues
Ternyata Cewek Lebih Patuh Protokol Covid-19 Daripada Cowok