Interest

Gen Z Harus Bersiap, Ada Rencana Batas Usia Pengguna Media Sosial 17+

Dwiwa

Posted on November 30th 2020

Semakin banyaknya orang yang memiliki ponsel membuat media sosial menjadi tempat bermain baru. Tidak terbatas pada mereka yang sudah dewasa, para remaja hingga anak-anak pun sudah memiliki akses di berbagai jejaring sosial.

Tetapi sayangnya, selain bisa menghubungkan orang-orang dari berbagai belahan dunia, penggunaan medsos juga rentan dengan kebocoran data. Di tahun 2020 sendiri, sudah banyak platform yang menjadi korban dari peretasan data.

Kerentanan data pengguna sosial media ini tampaknya mengusik pembuat kebijakan sehingga muncul usulan terhadap Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP). Dalam RUU ini, termuat bahwa hanya mereka yang berusia 17 tahun saja yang bisa menggunakan media sosial.

“Indonesia melalui RUU (PDP) ini mengusulkan batasannya 17 tahun, di bawah usia itu harus ada persetujuan dari orang tua. Orang tua harus terlibat,” ujar Samuel Abrijani Pangerapan, Direktur Jenderal Aplikasi Informatika seperti dilansir dari Antara.

Sebenarnya, beberapa media sosial yang ada saat ini sudah memberikan batasan minimal umur 13 tahun bagi penggunanya. Tetapi tampaknya batasan itu hanya sebuah peraturan tertulis saja. Orang masih bisa dengan mudah memalsukan usia mereka saat mendaftar.

Pada kenyataannya, banyak anak-anak di Indonesia, bahkan yang baru lahir sekalipun sudah memiliki akun media sosial seperti Instagram. Akun-akun milik anak-anak ini juga memiliki jumlah pengikut yang fantastis.

Tujuan dari aturan ini sendiri disebut Samuel sebagai jalan untuk membuat orang tua terlibat dan melakukan komunikasi dengan anak saat akan mengakses media sosial. Bisa dibilang ini menjadi jembatan agar komunikasi anak dan orang tua tidak terputus akibat penggunaan media sosial.

Dilansir dari Kumparan, ELSAM telah mengumpulkan data dari banyak sumber dan menemukan jika umur 13 hingga 17 tahun menjadi pengguna media sosial terbanyak nomor tiga di Indonesia.

Wahyudi Djafar, Direktur Riset ELSAM mengatakan jika kejelasan usia pengguna media sosial ini penting agar platform bisa mendeteksi pengguna dan memamasukannya dalam kualifikasi anak. Dengan begitu konten algoritma yang muncul dalam beranda bisa lebih sesuai dan terhindar dari konten dewasa.

RUU PDP ini sendiri saat ini masih berupa wacana dan tengah dibahas bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat. Menurut target, RUU ini bakal selesai dibahas akhir tahun ini atau awal tahun depan.

Kalau menurut kalian gimana guys? Setuju nggak kalau untuk buka akun media sosial harus berumur 17+?   (*)

Related Articles
Tech
Lindungi Remaja, Instagram Wajibkan Pengguna Cantumkan Tanggal Lahir

Interest
Kalian Tak Bisa Lepas Dari Sosial Media? 4 Langkah Ini Mungkin Bisa Membantu

Interest
Soal Fenomena Remaja Hadang Truk Demi Konten, Begini Kata Pakar Psikolog Unair