Korea

Pecahkan Rekor Baru di Billboard 200, BTS Menyamai Prestasi The Beatles

Delima Pangaribuan

Posted on November 30th 2020

BTS kembali menorehkan prestasi minggu ini! Setelah awal pekan lalu mereka masuk ke nominasi Grammy Awards, fans BTS lagi-lagi mengantarkan grup kesayangan mereka memuncaki Billboard 200. Melansir Soompi, ini merupakan kelima kalinya BTS menduduki peringkat pertama Billboard 200!

Billboard mengumumkan pada 29 November waktu Amerika Serikat kalau album terbaru mereka, BE, debut di chart itu dan langsung menduduki posisi nomor 1 dalam Top 200 Albums Chart. Mereka resmi mencatat sebagai grup pertama yang dua albumnya berhasil merajai chart tersebut selama 2020 saja. Sebelumnya, BTS memuncaki posisi itu lewat album mereka Map of the Soul: 7.
 
Dan secara keseluruhan, BTS berhasil memuncaki chart lewat lima album sejak tahun 2018 silam. Sebelumnya ada album Love Yourself: Tear yang menjadi album pertama mereka di Billboard 200 pada Juni 2018. Menyusul kemudian Love Yourself: Answer dan Map of the Soul: Persona. 
 
Jadi, BTS hanya butuh waktu dua tahun untuk bisa mencapai prestasi tersebut! Sebelum BTS, grup yang bisa mendobrak posisi dengan lima album di puncak chart tersebut adalah The Beatles. Grup legendaris ini pernah memuncaki chart dengan lima album berbeda dalam kurun waktu dua tahun juga, antara 1966-1968. Rekor itu terpecahkan oleh BTS 42 tahun setelahnya.

 
Billboard mencatat, album BE mencapai ekuivalen unit album hingga 242 ribu. Itu terdiri dari 177 ribu perjualan album tradisional, 35 ribu track equivalent album (TEA), dan 30 ribu streaming equivalent album (SEA). Albumnya sendiri telah didengarkan lewat on demand streaming hingga 48,56 juta kali dalam sepekan pertama sejak rilis.
 
BTS emang gak ada santuy-santuynya. Selamat buat BTS! (*)
Related Articles
Korea
BTS dan BLACKPINK Rajai Dua Chart Billboard 200!

Korea
BTS Beberkan Detail Album BE (Deluxe Edition) Jelang Rilis

Entertainment
BTS Sumbangkan Kostum 'Life Goes On' di Grammy Week