Entertainment

Pelajaran Penting dari Kasus Selena Gomez, Kesehatan Jangan Dibuat Bercanda,

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 30th 2020

Selena Gomez dan Francia Raisa, sahabat yang mendonorkan ginjal untuknya (Getty Images)

Dunia maya terutama Twitter sempat diramaikan dengan cuitan “RESPECT SELENA GOMEZ” beberapa waktu lalu. Kalimat yang sempat bertengger di posisi trending Twitter ini muncul sebagai reaksi dari salah satu episode serial Saved by the Bell versi reboot.

Di sebuah scene program komedi tersebut ada lelucon yang bernada mengejek transplantasi ginjal yang dilakukan Selena Gomez pada 2017 lalu.

Episode baru yang tayang pada Rabu (25/11) lalu tersebut menampilkan dua anak SMA yang lagi membicarakan siapa yang mendonorkan ginjal untuk sang pelantun Kill ‘Em With Kindess tersebut. Salah satunya ngotot kalau yang mendonorkan itu ibunya Justin Bieber, satunya lagi bersikeras kalau yang jadi donor itu Demi Lovato.

Saat itu memang ceritanya mereka nggak pegang smartphone buat mencari kebenarannya. Tapi lelucon yang gak lucu ini bukan hanya sekali dilontarkan. Di salah satu adegan juga terlihat dinding bercoretkan tulisan, “Does Selena Gomez even have kidneys?”. Kalimat tersebut bernada mengejek dengan menanyakan emang Selena itu punya ginjal ya?

Menjadikan penyakit seseorang sebagai bahan bercanda itu sama sekali tidak lucu. Itu justru menghina orang yang bersangkutan. Selena sendiri harus menerima donor ginjal karena penyakit lupus, penyakit autoimun yang sangat membahayakan nyawa. Penyakit tersebut terkadang menyebabkan gagal ginjal, seperti yang dialami pemilik label Rare Beauty tersebut.

Orang yang mendonorkan ginjal untuk Selena adalah sahabatnya, Francia Raisa. Melalui unggahan Instagram yang dibagikan beberapa waktu setelah operasi donor, Selena dan Francia terlihat bergandengan tangan di kasur rumah sakit dan tersenyum.

Francia sendiri menanggapi lelucon dari acara Saved by the Bell tersebut melalui akun Twitternya. Ia menghargai permintaan maaf dari Peacock, layanan streaming yang memutar acara tersebut. Namun, ia menambahkan kalau bisa saja seorang donor merasa tersinggung dari lelucon itu.

Selain permintaan maaf yang diberikan, NBC Universal dan tim eksekutif Saved by the Bell versi reboot bakal berdonasi buat penggalangan dana untuk penderita lupus yang didirikan Selena Gomez.

Nah, dari sini selalu ingat deh buat tahu batas bercanda. Jangan pernah menjadikan kondisi kesehatan fisik, mental, kondisi tubuh, SARA (Suku, Agama, dan Ras), orientasi seksual, dan hal-hal pribadi lainnya untuk jadi bahan lelucon. Apalagi kalau kita sendiri belum pernah berada di posisi mereka. (*)

Related Articles
Entertainment
Selena Gomez Donasi Lawan Corona untuk RS yang Menyelamatkan Hidupnya

Entertainment
Selena Gomez Bagikan Cara Jaga Kesehatan Mental Saat Pandemi, Wajib Ditiru Nih

Entertainment
Selena Gomez Ungkap Lagu 'Boyfriend' Terlahir dari Sebuah SMS