Korea

Performance aespa Timbulkan Perdebatan Warganet, Suara Asli atau Bukan?

Delima Pangaribuan

Posted on November 29th 2020

 
Girl group aespa terus mendapat sorotan semenjak debut. Kali ini, warganet heboh karena penampilan live mereka di salah satu program musik. Melansir AllKpop, warganet "berdebat" apakah dalam video itu mereka beneran perform atau dibantu suara lipsync.
 
Perdebatan itu muncul karena adanya video MR atau music removed. Dalam MR, ada teknologi yang digunakan untuk memisahkan musik dan suara artis. MR sendiri cukup sering muncul untuk membuktikan apakah artis yang tampil memang benar bisa menyanyi atau tidak.
 
Dalam video MR itu, suara aespa terdengar apik. Jika itu memang suara asli mereka, maka bisa dibilang aespa benar-benar berbakat. Karena sepanjang lagu, terdengar suara para member cukup stabil dan bahkan powerful.

 
Warganet menyampaikan berbagai pendapat. Ada yang setuju bahwa memang aespa memiliki suara bagus dan nggak perlu diragukan lagi. Tapi ada juga yang bilang jangan terlalu pede dulu karena bisa saja itu suara pre-recording alias direkam sebelum performance di panggung.
 
"Terlepas dari kontroversi yang muncul, cewek-cewek ini memang sangat bertalenta," komentar seorang warganet seperti dikutip AllKpop.
 
"Mereka lipsync menyesuaikan live AR yang merupakan versi rekaman jadi mereka terdengar seperti menyanyi langsung di atas panggung," komentar yang lain.

 
"Aku pikir kita harus menahan diri untuk menilai sampai mereka tampil di encore (performance terakhir di mana kemudian para artis akan menyanyi secara langsung)," imbuh yang lain.
 
Gimana menurut kalian? (*)
 
Related Articles
Korea
Ikuti Jejak SNSD, aespa Raih 1st Win dengan Lagu Debut

Korea
Temukan Banyak Kemiripan dengan Grup Lain, Warganet Tuding aespa Plagiat

Korea
aespa Umumkan Comeback, Rilis Teaser Pertama untuk ‘Girls’