Korea

Wow, Seorang Army Bisa Habiskan Rp 20 Juta Setahun untuk Idolanya!

Dwiwa

Posted on November 29th 2020

(SCMP)

Sudah bukan menjadi rahasia jika penggemar K-Pop melakukan banyak hal demi mendukung idola mereka. Bukan hanya sekadar menjadi penguasa trending topic Twitter, mereka juga terkenal bisa menggunakan internet untuk menggalang dana apapun.

Secara alami, sekelompok orang yang berkomitmen sebanyak itu untuk idola favorit mereka bisa melakukan apapun untuk mendukung. Termasuk terbang dari satu negara ke negara lain hanya demi bisa menghadiri setiap konser dari idola kesayangan mereka.

Pertanyaan besarnya adalah, seberapa banyak yang dihabiskan oleh penggemar K-Pop? Dilansir dari Mashable SE Asia, sebuah studi yang dilakukan oleh agregator e-commerce, iPrice, telah mengumpulkan data dari pedagang di seluruh Asia Tenggara dan Hongkong.

Mereka membandingkan berapa banyak penggemar BTS, BLACKPINK, dan TWICE menghabiskan uang untuk merchandise, album, EP dan tiket konser. Penelitian ini menggunakan asumsi jika setiap penggemar membeli setidaknya satu item merchandise seperti light stick atau photo card, album, dan tiket konser.

Hasilnya, Army atau penggemar BTS menduduki puncak dengan rata-rata pengeluaran mencapai USD 1.442 (Rp 20 juta) dalam setahun. Ini terdengar sangat banyak dan kenyataannya memang demikian. Tetapi untuk jumlah tersebut, setiap penggemar akan mengoleksi sekitar 15 album, banyak merchandise dan menghadiri setidaknya 5 konser.

Sementara TWICE yang debutnya lebih baru dari dari BTS, penggemarnya hanya menghabiskan sekitar USD 824 (Rp 11,4 juta) setelah membeli merchandise, 14 album, dan menghadiri sekitar 4 konser.

Sedangkan penggemar BLACKPINK juga menghabiskan cukup banyak uang untuk idola mereka. Seorang Blink menghabiskan hingga USD 665 (Rp 9,2 juta). Memang lebih rendah dari dua lainnya, tetapi perlu diingat jika BLACKPINK merupakan idol yang lebih baru yang berarti lebih sedikit merchandise dan konser.

Bagi orang biasa, angka-angka tersebut mungkin terdengar gila seorang penggemar bisa menghabiskan begitu banyak uang hanya untuk idola mereka. Tetapi bagi para penggemar K-Pop, ini adalah bentuk ungkapan rasa cinta mereka.

Nah kalau kalian, berapa banyak nih yang sudah dihabiskan untuk idola K-Pop? Apakah kalian tim yang hanya membeli album dan lighstick dan menonton fancam konser mereka atau justru yang rela terbang ke sana kemari demi bisa menonton idola perform secara langsung di atas panggung? (*)

Related Articles
Entertainment
TWICE Comeback Juni, Bareng Sama BTS?

Entertainment
Ranking Idol Januari 2020 Diumumkan, Jimin BTS Bertahan di Peringkat 1

Entertainment
Cara ARMY Bomb Bisa Berubah Warna Saat Nonton BTS 'BANG BANG CON'