Current Issues

Kasus Covid-19 Bikin Rekor Lagi, Lonjakan Pada Januari 2021 Perlu Diantisipasi

Dwiwa

Posted on November 28th 2020

Kasus harian Covid-19 kembali memecahkan rekor pada Jumat (27/11). Setelah sempat membuat rekor baru pada Rabu (25/11) dengan kenaikan 5.534. Tetapi pada Jumat, angka itu kembali dilampui dengan adanya tambahan kasus 5.828.

Di sisi lain, lonjakan kasus yang belum menunjukkan tanda-tanda penurunan ini juga berdampak pada ketersediaan tempat tidur di rumah sakit. Dilansir dari The Jakarta Post, awal bulan ini satuan tugas Covid-19 telah mengumumkan jika semakin banyak rumah sakit yang kehabisan tempat tidur.

Bahkan, hampir setiap wilayah di Indonesia melaporkan bahwa kapasitas tempat tidur di bangsal isolasi atau unit perawatan intensif (ICU) telah penuh. Penuhnya ruang perawatan pasien ini telah menjadi perhatian bagi banyak orang, terutama para pengelola rumah sakit.

Irwandy, Ketua Departemen Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) pun mendesak pemerintah dan otoritas kesehatan untuk meningkatkan kapasitas tempat tidur dan memperluas fasilitas isolasi guna mengantisipasi lonjakan pasien Covid-19.

"Ini dikarenakan kurangnya kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan," kata Irwandy seperti dikutip dari Kompas.com pada Rabu. Dia menekankan pada pergerakan massal dari orang-orang yang bepergian selama long weekend pada akhir Oktober.

"Puncak tertinggi penularan Covid-19 terjadi pada akhir Oktober dan awal November. Kita bisa melihat dampaknya satu hingga dua minggu kemudian," ujarnya. Dia pun memperingatkan bahwa potensi dampak kesehatan dari mobilitas publik selama musim liburan akhir tahun pada Desember hanya akan menjadi bukti tingginya tingkat penularan lokal pada Januari 2021.

Menurut Irwandy, perlu dilakukan pendekatan dengan hati-hati, mengingat masyarakat masih mengabaikan protokol kesehatan serta pembatasan perjalanan selama libur panjang. "Rumah sakit harus siap untuk mengantisipasi lonjakan kasus, yang saya perkirakan lebih tinggi dari situasi saat ini," ujarnya.

Sementara itu, wilayah tertentu yang menjadi destinasi wisata populer, seperti Jawa Tengah, Jabodetabek, dan Yogyakarta, perlu lebih diperhatikan dalam mengantisipasi lonjakan kasus harian dan rawat inap Covid-19.

"Khususnya di Yogyakarta, karena kapasitas tempat tidur rumah sakit per November sudah mencapai 78 persen, padahal idealnya harus kurang dari 60 persen dari total kapasitas," tambahnya.

Di sisi lain, rumah sakit juga harus meningkatkan kapasitas tempat tidur hingga 20 persen untuk mengantisipasi pasien Covid-19 baru. Irwandy menekankan jika kerja sama antardaerah sangat penting dalam mengembangkan sistem informasi untuk berbagi data ketersediaan tempat tidur bagi pasien Covid-19.

"Wilayah tetangga bisa menawarkan bantuan jika satu daerah kewalahan dengan lonjakan kasus Covid-19," katanya. Selain itu, rumah sakit juga harus mempertimbangkan membangun lebih banyak fasilitas isolasi di luar rumah sakit untuk merawat pasien dengan Covid-19 ringan, termasuk hotel untuk karantina.

Nah, selain pemerintah, rumah sakit, dan petugas kesehatan, kita juga bisa lho berperan dalam membantu menekan penyebaran Covid-19. Caranya sederhana. Cukup patuhi protokol kesehatan 3 M, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan secara rutin dengan sabun dan air.

Ingat juga untuk tidak bepergian ke luar kota atau ke tempat ramai kecuali karena memang ada urusan penting. Tahan dulu keinginan untuk liburan ke tempat-tempat wisata populer yang ramai dikunjungi karena potensi untuk tertular atau menyebarkan virus lebih besar.

Jika kalian sudah merasa lelah dengan kondisi saat ini, mematuhi protokol kesehatan adalah cara terbaik untuk segera mengakhiri masa menyiksa ini guys. Memangnya kalian tidak kangen bisa duduk-duduk bebas di mall, kafe, berjemur di pantai seperti sebelum masa pandemi tanpa harus was-was kena denda karena melanggar protokol? (*)

 
Related Articles
Current Issues
Berapa Lama Sih Waktu Aman Lepas Masker di Ruangan Penuh Orang? Ini Kata Ilmuwan

Current Issues
Seminggu Cetak 3 Kali Rekor! Yuk Makin Disiplin Protokol Covid-19

Current Issues
Mengapa Vaksin Covid-19 Bukan Alasan Untuk Abaikan Protokol Kesehatan?