Hobi

Riot Games Siapkan Server dan Karakter Khusus Valorant untuk Indonesia

Dika Afandi N

Posted on November 26th 2020

RIOT GAMES ikut meramaikan pasar game di Indonesia. Mereka coba meraih kue yang selama ini sudah dinikmati sejumlah pengembang game berkonsep multiplayer online battle arena (MOBA) di tanah air. Game yang coba dimaksimalkan untuk merebut hati gamers tanah air itu adalah Valorant.

Valorant merupakan game baru besutan Riot Games. Diluncurkan Juni 2020. Valorant merupakan game bertema tembak-menembak taktis atau sering disebut first person shooter (FPS), berbasis karakter 5 lawan 5. Nah, untuk merebut hati gamers Indonesia, Riot Games membuat turnamen resmi. Namanya, Valorant: First Strike Indonesia.


Turnamen itu digelar dengan melibatkan One Up. Kerja sama tersebut sekaligus menandai One Up sebagai pemegang lisensi resmi Valorant. Valorant: First Strike Indonesia akan digelar 2–6 Desember 2020. Menyediakan hadiah total Rp 100 juta. Ada 16 tim esports yang mengikuti turnamen itu.

Ke-16 tim tersebut lolos dari babak kualifikasi yang digelar sejak Oktober lalu. Tim esports yang mengikuti babak kualifikasi total 86. Tim yang lolos kualifikasi itu juga akan berhadapan dengan empat klub esports undangan. Di antaranya, Alter Ego yang akan dihadirkan pada babak final. Final Valorant Strike Indonesia edisi pertama itu rencananya dihelat pada 2–6 Desember 2020.

Head pf Esports Riot Games Southeast Asia, Hong Kong, dan Taiwan Chris Tran mengatakan, kerja sama dengan One Up itu diharapkan bisa makin menumbuhkan ekosistem esports di Indonesia. Menurutnya, tak bisa dimungkiri, para gamer di Indonesia sangat fanatik. Fanatisme itulah yang diharapkan bisa menular ke game Valorant.

Demi mendukung hal itu, Chris Tran mengatakan, Riot Games kemungkinan bakal menyediakan server khusus di Indonesia. Termasuk menghadirkan karakter khas Nusantara di Valorant. Hal itu sebenarnya bukan hal baru. Mobile Legends: Bang Bang yang dimiliki Moonton sudah melakukan itu di sejumlah negara.

”Kami berupaya keras mengembangkan game ini demi memuaskan para pemain,” kata Chris Tran. Menurut Tran, Indonesia memang termasuk negara yang masuk rencana pengembangan utama Valorant.

Dalam kesempatan itu, Chris Tran juga mengumumkan bahwa Riot Games akan menggelar kejuaraan dunia Valorant. Judulnya, Valorant Champions Tour (VCT) 2021. VCT 2021 nanti berlangsung tiga tahap bertingkat. Yakni, Challengers, Masters, dan Champions.

Challengers merupakan tahapan turnamen dengan cakupan wilayah regional seperti halnya Valorant Strike Indonesia. Tim terbaik dari setiap Challengers nanti lolos ke tingkat Masters dan bersaing memperebutkan 16 slot babak final VCT 2021, Champions. Valorant Champions Tour 2021 dijadwalkan berlangsung selama sebelas bulan pada Februari hingga Desember 2012.

Related Articles
Hobi
Banyak Dikeluhkan, Map Icebox Valorant Dirombak

Esports
Riot Games Rilis Agen Baru Bertajuk KAY/O Valorant

Esports
Bantai Bigetron Astro, Team NXL Juarai VCT 2021 Indonesia Stage 2 Challengers 2