Tech

YouTube Uji Coba Pembuat Chapter Otomatis, Biar Gak Perlu Menandai Secara Manual

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 25th 2020

(TechCrunch)

Buat kamu yang suka nonton video YouTube yang durasinya panjang, pasti pernah kan kebingungan mengingat poin-poin informasinya? Kalau si pembuat video berbaik hati, biasanya ada checkpoint durasi yang ditulis di kolom deskripsi atau ada sukarelawan yang bikin keterangannya.

Buat mengatasi masalah ini, YouTube merilis fitur chapter bulan Mei lalu untuk membagi video menjadi beberapa bagian. Penonton bisa langsung pilih bagian mana yang mau langsung ditonton. Nah biar makin gampang, kini aplikasi streaming video ini sedang mengembangkan chapter video secara otomatis.

Chapter video di YouTube, bar durasinya ada bagian-bagiannya (Android Police)

Nantinya, bab-bab dalam video ini akan diciptakan oleh artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan. AI ini akan otomatis menandai poin-poin tertentu yang terhitung chapter.

Mesin ini bakal menganalisis apa yang terjadi dalam video dan membuat nama chapternya secara langsung, tanpa arahan dari pemilik kanal YouTube. Kemungkinan cara kerjanya mirip substitle otomatis (cc) yang sering ada di video gitu deh.

Chapter otomatis bakal bakal diuji buat beberapa video dan pastinya bakal ditambahkan ke lebih banyak video jika uji cobanya berhasil. Tapi, fitur chapter ini bisa diaktifkan bisa juga nggak kok. Siapa tau kreator videonya kurang suka atau nggak butuh videonya dibagi-bagi.

Nah, gimana nih fitur ini menurut kamu? Sebelumnya YouTube juga merilis beberapa update seperti gestur menggeser untuk mengubah tampilan ke fullscreen, pemindahan tombol autoplay dan caption biar lebih mudah diakses, dan suggested actions. (*)

Related Articles
Tech
YouTube Update App Mobile, Gestur Untuk Full Screen dan Permudah Tombol Subtitle

Tech
Lebih Akurat! AI Facebook Bisa Terjemahkan 100 Bahasa tanpa Diubah ke Inggris

Tech
Google Luncurkan SmartReply untuk YouTube, Kini Balas Komentar jadi Lebih Mudah!