Entertainment

Nggak Rilis Album Baru, Tapi Beyonce Dominasi Grammy Awards Tahun Ini

Jingga Irawan

Posted on November 25th 2020

Instagram: Beyonce

Beyoncé membuktikan dirinya memang layak mendapat julukan The Queen. Tahun ini, dia tidak merilis album baru. Namun penyanyi berusia 39 tahun itu malah mendominasi Grammy Awards 2021. Total dia mendapat 9 nominasi. 

Black Parade, single yang dirilisnya pada 19 Juni lalu menyumbang banyak nominasi. Lagu yang sempat merajai Top 40 tersebut masuk nominasi untuk kategori Lagu R&B Terbaik dan Penampilan R&B Terbaik.

Lagu ini dirilis tepat pada Juneteenth, hari peringatan berakhirnya perbudakan orang-orang Afrika-Amerika. Pas dengan semangat yang diusung lagu milik The Queen Bey tersebut. 

Sementara, film Black Is King milik Beyoncé yang menyoroti seni, musik, sejarah, dan mode kulit hitam dinominasikan untuk Film Musik Terbaik. Sedangkan Brown Skin Girl, sebuah lagu yang didedikasikan untuk wanita berkulit gelap dan coklat, dinominasikan untuk video musik terbaik. 

Beyoncé juga mendapatkan tiga nominasi untuk penampilan apiknya sebagai guest star dalam lagu Savage milik Megan Thee Stallion. Lagu  yang populer di TikTok itu juga mencapai rekor Top Hit tahun ini lho. Savage menjadi nomine untuk Penampilan Rap Terbaik, dan Lagu Rap Terbaik. Beyoncé jadi guest star aja dapat nominasi guys!

Karena kesuksesannya itu, Beyoncé menjadi penyanyi kedua terbanyak dalam sejarah Grammy Awards dengan 79 nominasi. Ia berada di belakang suaminya, Jay-Z dan Quincy Jones, yang masing-masing meraih 80 nominasi.

Kesuksesan Black Parade milik istrinya itu juga dirasakan oleh Jay-Z yang mendapat tiga nominasi tahun ini untuk kontribusinya pada lagu-lagu Beyoncé. Dia ikut menulis Black Parade dan Savage, sebagai Lagu R&B Terbaik, dan Lagu Rap Terbaik. Sepanjang karirnya, Jay-Z telah memenangkan 22 penghargaan Grammy.

Dominasi Beyoncé tahun ini mengejutkan para pelaku industri musik Amerika Serikat. Karena sebenarnya ia nggak merilis album baru. Sebaliknya, bintang pop the Weeknd nggak mendapatkan satu pun nominasi padahal dia memiliki album yang merajai Top Hit. 

Ketika Harvey Mason Jr., presiden sementara dan CEO Recording, ditanya apakah dia terkejut Weeknd nggak mendapatkan satu nominasi pun, dia berkata kepada The Associated Press. “Anda tahu, ada begitu banyak nominasi dan hanya ada beberapa slot nominasi, sangat sulit untuk memprediksi apa yang akan dipilih oleh para pemilih di tahun tertentu. Saya mencoba untuk tidak terlalu terkejut."

Lagu yang bersaing dengan Beyoncé untuk Black Parade dan Savage untuk tahun ini adalah DaBaby dan Rockstar dari Ricch, Circles milik Malone, Don't Start Now dari Lipa, Everything I Wanted Billie Eilish, Black Pumas ' Colour dan Say So dari Doja Cat.

Black Parade, Don't Start Now, Everything I Wanted dan Circles juga dinominasikan untuk Song of The Year, bersama dengan Cardigan milik Swift, The Box Ricch, JP Saxe dan If the World Was Ending dari Julia Michaels dan I Can't Breathe dari DIA. Selamat Beyonce! (*)

Related Articles
Interest
Dengerin deh: Rekomendasi Lagu Selama Social Distancing Sesuai Zodiakmu

Entertainment
Mulai Post Malone sampai Doja Cat Berpeluang Masuk Nominasi Grammy

Entertainment
Kasus Covid-19 Melonjak, Grammy Awards 2021 Ditunda Sampai Maret