Entertainment

Genius! Album ’Positions‘ Ariana Grande Punya 3 Kode Rahasia. Apa Aja ya?

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 25th 2020

(Getty Images)

Bukan hal biasa lagi kalau artis-artis ternama sering menyelipkan kode rahasia dalam karya mereka atau sering juga disebut sebagai easter eggs. Biasanya kode-kode ini merujuk ke momen tertentu atau menyentil seseorang yang berhubungan dengan artis tersebut (sindir-menyindir, misalnya).

Baru-baru ini, pengguna TikTok dengan nama @maraleebell membongkar beberapa kode rahasia di album Positions. Ariana Grande benar-benar genius deh menyelipkan beberapa tanda yang halus banget sampai kita gak sadar kalau sebenarnya ia punya pesan lain. Nih beberapa kode yang kemungkinan besar kamu lewatkan dalam album terbarunya.

1. Suara jangkrik di lagu Positions dan Just Like Magic

Coba deh kamu dengerin lagu Positions dengan detail mulai menit ke 0.07-0.18. Yep, di lirik “Heaven sent you to me” itu ada suara jangkrik di yang berpadu sama aransemen musiknya.

Terus, kamu coba dengar Just Like Magic. Perhatikan bagian pre-chorus kedua menit ke 1:22 pas liriknya “Take my pen and write some love letters to Heaven”. Yep, suara jangkrik lagi! Nah, ada apa sih sama suara jangkrik? Pastinya ada sesuatu yang spesial banget.

Seseorang yang spesial buat Ariana, Mac Miller, punya lagu yang gak dirilis dan judulnya adalah… Crickets. Jangkrik.

(Genius)

Mungkin penyanyi yang khas dengan ponytailnya itu memang sengaja memasukkan suara jangkrik untuk mengenang kembali mantan kekasihnya yang meninggal itu. Mangkanya, suara jangkrik dihadirkan setiap ada lirik yang bersinggungan dengan kata “heaven”. Tapi, bisa juga ini hanya kebetulan—walaupun memang manis banget.

Tonton video TikTok pembahasannya di sini.

2. Nada akhir lagu Obivious yang mirip banget suatu lagu…

Ingat sama nada unik lagu Obvious yang suasananya kayak lagi di luar angkasa? Kalau lupa, perhatikan lagi deh di menit ke 2.09. Chord progressionnya B/F/E/F/E/B dan punya vibes kosmik yang unik banget.

Sekarang, buka lagu Mac Miller yang judulnya Come Back To Earth. Bagian akhirnya tepatnya menit ke 2.14 juga punya nada serupa dengan chord progression B/F/E/B. Oke… Ariana…

Tonton video TikTok pembahasannya di sini.

3. Urutan lagu Shut Up dan 34+35 yang unik

Buat kalian para Arinators, masih ingat drama Mei lalu yang dimulai rapper 6ix9ine yang bilang kalau Ariana Grande sama Justin Bieber merebut posisi pertama lagunya, Gooba, di Billboard? Rapper yang biasa dipanggil 69 itu menuduh kalau mereka membeli 30.000 unit lagu Stuck With U dengan enam kartu kredit berbeda dan ‘membeli’ posisi pertama itu.

Billboard sendiri bilang tuduhan ini gak benar. Akhirnya Gooba justru turun ke posisi ketiga. Posisi kedua justru ditempati sama Say So milik Doja Cat ft. Nicki Minaj.

Oke, sekarang perhatikan urutan lagu di album Positions. Lagu pertama? Shut Up. Lagu kedua? 34+35.  Kalau nilai matematika kamu pas SD bagus, 34 ditambah 35 adalah… 69. Mungkin ini cuma kebetulan, tapi bisa jadi Ariana seakan mau bilang, ”Diam aje deh lu, 69!“

Tonton video TikTok pembahasannya di sini.

Nah, itu dia deretan kode rahasia yang bisa jadi disengaja atau memang murni kebetulan. Mau itu benar atau nggak, Ariana Grande tetap genius banget deh kalau menyelipkan sesuatu di karya-karyanya. Stream Positions! (*)

Related Articles
Entertainment
Ariana Grande Ganti Posisi Jadi Peneliti di Teaser Video Musik ’34+35‘

Entertainment
Ariana Rilis Album ‘Positions’, Gaya Musik Baru dan Kenangan tentang Mantan

Entertainment
Mulai dari Mad Scientist sampai Robot, Semua Diambil Ariana Grande di MV ’34+35