Tech

Werner Herzog Kritik Rencana Elon Musk Untuk Membangun Kota di Mars

Jingga Irawan

Posted on November 24th 2020

Werner Herzog (kiri), Elon Musk (kanan)

Kalian sudah tahu kan? Elon Musk berencana untuk membangun sebuah kota di Mars. Rencananya, pemilik perusahaan Tesla itu ingin mengantarkan satu juta orang ke planet merah dengan Starship SpaceX. Itu adalah roket yang telah membuat bumi heboh sejak sebulan lalu.

Banyak ilmuwan nggak henti-hentinya mengomentari dan mempertanyakan keamanan untuk hidup di planet yang memiliki satelit Phobos dan Deimos itu. Tak hanya ilmuwan, sutradara legendaris asal Jerman, Werner Herzog juga turun bersuara. Pria berusia 78 tahun itu mengatakan dalam sebuah wawancara dengan Inverse, bahwa rencana Musk membawa manusia ke Mars adalah "kesalahan". Herzog berpikir manusia harus fokus untuk menjaga Bumi agar tetap layak huni.

Awalnya, Elon Musk memiliki misi untuk menjadikan manusia spesies multi-planet dengan membangun kota mandiri di Mars yang memiliki hukum sendiri dan berbeda dengan hukum yang ada di Bumi.

Miliarder teknologi itu juga menyatakan bahwa pesawat luar angkasa Starship yang dirancang oleh perusahaan roketnya, SpaceX, dapat diluncurkan pada penerbangan pertamanya ke Mars paling cepat pada 2024. Kemudian, ia berharap roket itu selanjutnya dapat membawa orang ke planet merah secara massal. Tujuannya adalah membangun kota berpenduduk 1 juta jiwa di Mars pada tahun 2050.

SpaceX

"Saya pikir Elon Musk menata dirinya sebagai semacam visioner teknologi. Tapi, saya tidak setuju dengannya ketika ia mendalilkan dan berkhotbah tentang penjajahan Mars. Manusia seharusnya tidak seperti belalang. Manusia itu harusnya tetap berusaha menjaga planet Bumi tetap layak huni," ujarnya.

Dikutip dari Bussiness Insider, Musk berpendapat bahwa Bumi nggak dapat dihuni selamanya. Krisis iklim membuat planet kita nggak ramah lagi buat dihuni kehidupan manusia, dampak Asteroid dapat dengan mudah terjadi. Bahkan, ia meramalkan beberapa miliar tahun Matahari yang membengkak akan mendidih dari lautan bumi, pada akhirnya, mengembang untuk menelan planet kita sepenuhnya.

Bagi Musk, menjajah Mars adalah langkah pertama untuk melarikan diri dari nasib ini. Tapi Herzog nggak yakin mimpi Musk itu berhasil. "Saya harus memberi tahu tidak hanya Elon Musk, tapi semua orang. Itu adalah kesalahan," ujarnya.(*)

Related Articles
Tech
Dalam Tiga Hari, SpaceX Alami Dua Insiden Proyek Starship

Tech
SpaceX Manfaatkan Menara Penangkap Roket untuk Proyek Roket "Super Heavy"

Tech
SpaceX akan Uji Terbangkan SN8, Purwarupa Pesawat Luar Angakasa Masa Depan