Tech

Snapchat Rilis Fitur Mirip TikTok, Spotlight, Video Viral Dibayar Rp 14 Miliar!

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 24th 2020

(Snapchat)

Yep, bertambah lagi media sosial yang coba tiru fitur khas TikTok. Setelah beberapa waktu lalu tersebar kabar kalau Snapchat membeli aplikasi Voisey yang memang mirip aplikasi video singkat tersebut, akhirnya fitur ala TikTok itu rilis juga.

Dengan nama Spotlight, pengguna Snapchat bisa berkreasi dengan format video pendek vertikal lengkap dengan tampilan yang mirip sama TikTok.

Spotlight punya tools edit yang sama seperti Snapchat. Fitur video dengan durasi maksimal 60 detik ini tetap mengejar views dan likes, tapi tanpa kolom komentar. Bahkan, kalau akun Snapchat kamu private, kamu tetap bisa mengunggah video di Spotlight dan ditonton siapa aja.

(Snapchat)

Ada bagian khusus Spotlight (semacam For You Pagenya TikTok) berisi konten yang sekiranya menarik untuk kita. Algoritmanya menilai dari konten apa aja yang sudah kita tonton dan seberapa lama kita melihatnya. Persis aplikasi sebelah deh.

Eits, jangan berpikir buat mengunduh video di TikTok terus diupload di Spotlight ya. Mungkin ini bisa dilakukan di Reels (TikTok KW punya Instagram), tapi Snapchat tidak menerima konten dengan watermark untuk diunggah.

Yang bikin Spotlight ini menarik dibanding TikTok dan deretan TikTok KW lainnya adalah Snapchat menawarkan USD 1 juta (sekitar Rp14 miliar) SETIAP HARINYA untuk video paling viral hari itu. Duit USD 1 juta. Setiap hari. Mantap gak tuh? Nggak peduli kamu punya banyak subscriber atau akun private, semua pengguna sama-sama punya kesempatan membuat video paling viral dan menerima duit tersebut. 

Jelas tawaran tersebut adalah cara Snapchat membuat orang-orang terus mengunggah konten di Spotlight. Hadiah yang bisa bikin kamu jadi sultan dadakan itu bakal terus diadakan setiap hari sampai akhir tahun ini. Syaratnya kamu harus berusia 16 tahun ke atas untuk menerima hadiah.

Sayangnya fitur TikTok ala Snapchat ini baru diluncurkan di 11 negara seperti Amerika Serikat, Britania Raya, Perancis, Jerman, dan Australia. Wah, semoga bisa segera dirilis di Indonesia juga ya biar kita bisa cari cuan~

Sebelumnya beberapa aplikasi juga ikut merilis fitur serupa TikTok. Facebook dengan Lasso, Instagram dengan Reels, bahkan aplikasi streaming musik Spotify dikabarkan juga akan punya fitur serupa. Apalagi nih yang bakal punya fitur yang sama? WhatsApp? Kita nggak pernah tahu. (*)

Related Articles
Tech
Spotlight, TikTok Tiruan Milik Snapchat Capai 100 Juta Pengguna dalam Dua Bulan

Tech
Instagram Akui Reels Masih Kalah dengan TikTok, Belum Bisa Bikin Tren Booming

Tech
Snapchat Minta Pengguna Cek Ulang Daftar Teman, Biar Bersih dari Fake Friend