Korea

7 Drama Bertema Medis yang Bikin Kepingin Jadi Dokter

Mainmain.id

Posted on November 23rd 2020

Tahun ini, Hospital Playlist benar-benar jadi fenomena. Persahabatan lima dokter spesialis yang bekerja di sebuah rumah sakit bikin kita makin mengapresiasi kinerja para tenaga medis. Well, secara umum, drama bertema dunia kedokteran memang mudah disukai. Lingkungannya serbacepat dan hectic, istilah-istilahnya memberi wawasan baru, dan biasanya dramanya kuat. Jika kalian ketagihan Hospitat Playlist, berikut beberapa judul lain yang tak kalah seru.

 

1. Life
Streaming: Netflix

Serial yang tayang pada 2018 ini mengisahkan Ye Jin-woo (Lee Dong-wook), seorang dokter UGD, dan Goo Seung-hyo (Cho Seung-woo) seorang direktur rumah sakit. Seung-hyo menjalankan rumah sakitnya seperti bisnis biasa yang berorientasi pada profit semata. Hal itu tidak sesuai dengan sumpah dan kode etik dokter yang mementingkan pelayanan pasien.

Drama ini dipenuhi ketegangan dan pertempuran antara pahlawan yang bekerja untuk melindungi pasien, versus orang-orang rakus. Namun tokoh-tokohnya tidak dibuat hitam putih. Para karakternya dipaksa membereskan masalah dalam cara dan perspektif yang berbeda. Inilah yang membuat drama ini bernuansa. 

 

2. Doctor Stranger
Streaming: Netflix, Viu  

Doctor Stranger berfokus pada kehidupan ahli bedah kardiotoraks Park Hoon (diperankan Lee Jong-suk) yang jenius. Ia menghabiskan masa kecil di Korea Utara. Sebab ayahnya, yang seorang spesialis jantung, diminta mengoperasi pemimpin Korut Kim Il Sung. Hoon berhasil kabur dari negeri tersebut, dan kembali ke Korea Selatan.

Ia langsung bekerja di salah satu rumah sakit top. Park Hoon dapat memamerkan kemampuannya yang canggih. Misalnya, ia bisa dengan cepat mendiagnosis masalah hanya dengan memegang jantung seseorang. Agak khayal, memang.

Namun, meski jauh dari realistis, drama ini sangat menghibur. Sebab plotnya lucu sekaligus mendebarkan. Apalagi pemeran-pemerannya sangat solid. Bagi fans yang suka menonton konflik antara Korea Utara dan Selatan, ini tontotan yang pas. Drama ini memiliki alur cerita intens, namun diberi bumbu dendam, aksi bedah dengan pertaruhan tinggi, dan tentunya, romance

 

3. Hospital Ship
Streaming: Netflix, Viu

Salah satu serial medis dengan pesan sosial yang cukup kuat. Sebab Hospital Ship menceritakan tentang sekelompok dokter yang bekerja di sebuah rumah sakit terapung. Kapal medis tersebut beroperasi di pulau-pulau kecil dan memberikan pengobatan gratis kepada penduduk desa. 

Dua karakter utamanya adalah dokter dengan kepribadian yang berlawanan. Ada Song Eun-jae (Ha Ji-won) yang dingin dan penyendiri. Serta Kwak Hyun (Kang Min-hyuk) yang hangat dan berhati lembut. Meskipun berbeda, kedua karakter itu terpaksa terjun menangani sebuah masalah darurat yang membuat mereka bersahabat.

Masalah medis bukan satu-satunya yang diangkat oleh drama yang tayang pada 2017 tersebut. Lebih dari itu, ia mengisahkan bagaimana manusia menghadapi ketidaksempurnaan. Walaupun tokoh di drama ini hebat-hebat, mereka memiliki banyak kelemahan yang berusaha disembunyikan. Harus diakui, penokohannya bikin kita sulit untuk tidak jatuh cinta kepada drama ini!

 

4. Dr. Romantic 2
Streaming: Viu

Kim Sa-bu (Han Suk-kyu) is back. Dalam serial yang merupakan sekuel dari Dr Romantic (2016) ini, ia kedatangan dua murid baru yang berbeda. Yakni Seo Woo-jin (Ahn Hyo-seop), yang rela melakukan apapun untuk mendapatkan uang. Serta Cha Eun-jae (diperankan mantan model Lee Sung-kyung), yang selalu gelisah saat melakukan operasi.

Walaupun keduanya adalah dokter yang terampil, mereka sama-sama memiliki kekurangan yang membuat kinerja mereka tidak maksimal. Namun, dengan bantuan Kim Sa Bu, keduanya dapat terbebas dari masalah masing-masing.

Dr. Romantic 2 layak ditonton karena banyak alasan. Salah satunya adalah karakter-karakternya yang sangat kuat. Akting ketiga bintang utamanya realistis. Plus, tokoh-tokoh pendukungnya tidak kalah cakep. Dengan mengadopsi masalah-masalah nyata, drama ini sangat otentik dan akurat. Penonton bisa benar-benar mendapatkan feel perumahsakitan, dengan segala intrik dan problematika yang dihadapi para nakesnya.

 

5. Yong Pal (The Gang Doctor)
Streaming: Netflix

Bahkan seorang ahli bedah berbakat, Kim Tae-hyun (Joo Won) menghadapi masalah keuangan. Dia membutuhkan uang untuk membayar tagihan medis saudara perempuannya. Apa yang ia lakukan? Yang pasti bukan mengambil job paro-waktu di supermarket. Apalagi nyambi jadi marketing freelance

Ia menawarkan bantuan medis terhadap mereka yang tidak berani ke rumah sakit. Misalnya preman-preman dan anggota mafia. Hingga aktivitasnya dipergoki oleh kepala ahli bedah rumah sakit. Namun si bos malah memaksa dia untuk membantu menutupi aktivitas illegal di sekitarnya. Bergabung dengan gang dokter korup, mereka menyelamatkan seorang putri chaebol dari koma.                                 

Memang, dalam serial ini, nuansa suspens dan crime-nya lebih kental. Setting-nya juga tidak melulu rumah sakit. Namun, justru itu yang bikin drama ini berbeda. Apalagi karakter perempuannya kuat banget. Yeo-jin, si putri chaebol, punya tekat dan ambisi besar untuk membalas dendam kepada mereka yang telah membuat dia koma. Termasuk kakak dia sendiri. Seru!

 

6. D-Day

Drama yang ditulis oleh Hwang Eun-kyung ini menyorot kehidupan tiga orang dokter spesialis yang menghadapi tantangan profesi akibat bencana alam. Seoul hancur lebur setelah diguncang gempa berkekuatan magnitude 6,5. Air, listrik, dan sinyal ponsel terputus sehingga tugas mereka menyelamatkan nyawa 10 kali lipat lebih sulit.

Ketiganya memutuskan untuk menanggalkan status dan jabatan prestisius mereka untuk bekerja sama membantu warga yang terluka. Sembari mempertaruhkan nyawa sendiri. Sulit untuk tidak jatuh cinta ke drama ini. Karena setiap episodenya dipenuhi oleh suspense yang membuat kita tak bisa berhenti bingeing.

 

7. Golden Time

Serial ini tayang pada 2012. Tapi masih asyik ditonton dan relevan. Tentang dua orang dokter, Lee Min-woo (Lee Sung-gyun) dan Kang Jae-in (Hwang Jung-eum) yang baru memulai residensi di sebuah UGD. Atasan mereka adalah seorang spesialis trauma Choi In-hyuk (Lee Sung-min). Bersama-sama, mereka menemukan apa artinya menjadi dokter yang bekerja dalam sistem yang bersahabat dengan politik dan ketidakadilan. 

Judul drama ini, Golden Time diambil dari istilah medis yang berarti periode krisis ketika tindakan dokter menjadi kunci antara hidup dan mati. Yang membuat spesial adalah bagaimana dua dokter anyaran itu belajar mengatasi masalah.

Drama ini banyak dipuji karena begitu akurat menyorot kelemahan dalam sistem penanganan trauma di Korea. Diharapkan, drama tersebut membuka mata pemerintah dan stakeholder terkait. Agar segera diperbaiki. Entah sekarang sudah beres atau belum. (Retna Christa/Janice-Harian Disway)

 

Related Articles
Korea
Siapkan Syuting Season 2, Hospital Playlist Tayang Tahun Depan

Entertainment
5 Rekomendasi Drama Korea Romance hingga Thriller Maret 2020!

Korea
Awaken, Drama Terbaru Namgoong Min Berlatar Misteri Pembunuhan