Entertainment

Album John Lennon yang Ditandatangani Untuk Pembunuhnya Dilelang

Dwiwa

Posted on November 23rd 2020

 

Album bersejarah yang ditandatangani John Lennon untuk Mark Chapman sedang dilelang. Ikon musik dunia ini menandatangani album tersebut beberapa jam sebelum dibunuh oleh Chapman di luar gedung apartemen The Dakota di Kota New York pada Desember 1980.

Dilansir dari Bang Showbiz, album Double Fantasy, kolaborasi Lennon dengan Yoko Ono, sebenarnya telah diserahkan kepada polisi sebagai barang bukti dalam penyelidikan Departemen Kepolisian New York atas pembunuhan Lennon.

Dan menurut Goldin Auctions, bekas dari proses penyelidikan polisi - tulisan WJT-2 di atas tanda tangan Lennon pada leher Yoko Ono dan satu lagi di bagian belakang- masih ada pada album tersebut. Rumah pelelangan telah mengonfirmasi penawaran akan dilakukan pada Senin (23/11), dengan penawaran mulai dari USD 400 ribu (Sekitar Rp 5,6 miliar).

Pada awal tahun ini, Chapman meminta maaf kepada Yoko Ono karena telah membunuh legenda musik tersebut, menggambarkan apa yang dilakukannya sebagai tindakan yang sangat egois. Chapman sendiri sempat mengajukan pembebasan bersyarat tapi ditolak di New York.

“Aku hanya ingin menegaskan kembali bahwa aku minta maaf atas kejahatanku. Aku tidak punya pembelaan. Ini untuk kepuasan diri. Aku pikir ini adalah kejahatan terburuk yang mungkin dilakukan pada orang tidak bersalah," ujar Chapman.

“Dia sangat terkenal. Aku tidak membunuhnya karena karakternya atau pria seperti apa dia. Dia adalah pria berkeluarga. Dia adalah ikon. Dia adalah seseorang yang berbicara tentang hal-hal yang sekarang dapat kita bicarakan dan itu bagus,” lanjutnya lagi. 

Menurut Chapman, pembunuhan itu dilakukan dimotivasi oleh kepuasan diri dan keegoisan. “Ini adalah tindakan yang sangat egois. Aku minta maaf atas rasa sakit yang ditimbulkan padanya (Ono). Aku memikirkannya sepanjang waktu,” tambahnya.

Menurut TMZ, album ini sudah dua kali dijual sebelumnya, yakni pada 1999 seharga USD 150 ribu dan pada 2010 seharga antara USD 600 – 800 ribu. (*)

Related Articles
Entertainment
3 Hari Rilis, MV 'Kumau Dia' Andmesh Kamaleng Raih 7 Juta Views

Entertainment
3 Album ini Akan Membantumu Paham Kasus Pelanggaran HAM di Tanah Air

Entertainment
Single All the Way Mocca akan Dirilis dalam Versi Bahasa Jepang