Entertainment

Lagu ’Everything I Wanted‘ Billie Eilish Ternyata Berasal dari Mimpi Mengerikan

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 22nd 2020

(Rich Fury/Getty Images for iHeartMedia)

“I had a dream, I got everything I wanted”

Buat kamu yang ngefans berat sama Billie Eilish, pasti sudah nggak asing lagi dong sama penggalan lirik di atas? Yup, lirik tersebut adalah bagian paling awal lagu Everything I Wanted yang dirilis pada November 2019 lalu. Lirik dan musiknya dark banget. Ternyata memang lagu ini berawal dari mimpi buruk yang dialami sang penyanyi kelahiran 18 tahun lalu tersebut.

Billie menceritakan asal mula lagu Everything I Wanted di podcast Song Exploder. Awalnya Finneas mengungkapkan kalau sebenarnya lagu tersebut hampir gak jadi dirilis. Saat itu mereka sedang menyelesaikan album debut Billie, WHEN WE ALL FALL ASLEEP, WHERE DO WE GO?. Kakak sekaligus parter in crime Billie itu berpikir, ”Album ini sudah lengkap belum ya? Apa perlu tambah satu atau dua lagu lagi?“

Akhirnya mereka mulai mengerjakan lagu Everything I Wanted di akhir bulan September 2018, sekalian merampungkan album debut penyabet deretan Grammy itu. Ternyata, di balik terciptanya lagu ini ada sebuah mimpi buruk yang dialami Billie suatu malam. Pelantun My Future tersebut bercerita kalau ia bermimpi menyaksikan dirinya sendiri melompat dari gedung untuk bunuh diri.

”Seisi mimpi adalah cerita bagaimana kondisi setelah aku mati,“ ujar Billie. ”Aku ingat di mimpi itu aku melihat koran yan bertuliskan ’Anak 16 tahun yang bermasalah akhirnya mati bunuh diri,‘“ tambahnya.

Ia melanjutkan kalau di mimpi itu, sahabat-sahabatnya juga berkata kalau mereka sejujurnya tidak menyukai dirinya. Secara keseluruhan, mimpi buruk ini sebenarnya sekumpulan pikiran negatif yang Billie miliki dan semuanya jadi satu dalam mimpi buruk yang terasa nyata.

Mimpi itu mengganggu pikirannya selama beberapa hari. Jadinya, Billie menceritakan mimpinya itu ke Finneas dan mengubahnya menjadi sebuah lagu. Saat itu pelantun Bad Guy ini benar-benar gak bisa fokus menyelesaikan album debutnya, jadi deh mengerjakan single yang mencurahkan kegelisahannya dulu.

Nah, kenapa lagu ini hampir gak jadi dirilis? Ternyata Finneas sebagai kakaknya nggak mau adiknya itu menuliskan tentang mimpi buruknya secara gamblang. ”Sebenarnya seram sekali untukku mendengar Billie mengartikulasikan depresi yang ia rasakan dengan jauh lebih eksplisit dari biasanya.“

Bahkan anggota keluarga Billie yang lain kurang setuju kalau ia menulis lagu tentang perasaan suicidal tersebut. Tapi akhirnya, Finneas membantu membuat musik piano bernada suram dan low kick drum yang mengiringi lagu Everything I Wanted.

Mereka juga sepakat kalau lagu tersebut menjadi lagu yang menggambarkan hubungan dekat mereka, kakak adik yang saling menguatkan satu sama lain ketika jatuh. "As long as I'm here, no one can hurt you. Don't wanna lie here, but you can learn to.” (*)

Related Articles
Entertainment
Billie Eilish Rahasiakan Hubungan dengan Kekasihnya, Ternyata Ini Alasannya

Entertainment
5 Fakta Lagu Billie Eilish 'My Future': Dari Animasi Hingga Take Cuma Sekali

Entertainment
Billie Eilish Rilis ‘Everything I Wanted’, Lagu Tentang Sang Kakak