Lifestyle

4 Langkah Mengenalkan Anjing ke Kucing yang di Rumah Biar Gak Bertengkar

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 22nd 2020

(Pixabay)

Buat kamu yang cinta banget sama binatang, suka dilema nggak sih kalau pengin pelihara anjing ketika ada kucing di rumah? Pastinya takut mereka gak bisa akur dan berantem. Duh, repot deh jadinya!

Tenang, sebenarnya bisa kok menyatukan kedua hewan yang paling sering dijadikan peliharaan ini. Dilansir dari Insider, ada empat langkah yang harus kita lakukan sebagai majikan untuk mengenalkan anjing perlahan-lahan ke kucing. Kuncinya adalah pengenalan secara bertahap, jangan langsung dipertemukan. Nih simak langkahnya!

1. Kenalan melalui suara dan bau dulu

Kedua makhluk ajaib ini sama-sama mengandalkan indra penciuman mereka, jadi ada baiknya memulai tahap pengenalan dari sini. Pertama kali kita membawa pulang anjing, jaga mereka tetap terpisah secara fisik dan pastikan tidak bisa melihat satu sama lain.

Buat sebuah ’sarang‘ untuk si kucing. Bisa di ruang tidur atau ruangan apapun yang pokoknya cukup luas menampung kebutuhan si meong. Pastikan ada kotak pasir, barang untuk dicakar, mangkuk makanan dan air, tempat gelap untuk bersembunyi, dan tempat nyaman untuk tidur. Kalau perlu, tambahkan diffuser untuk bikin suasana rileks.

Tempatkan selimut di tempat kucing dan juga untuk si anjing pendatang baru. Setiap hari, tukar kedua selimut itu satu sama lain.

Kalau kamu lagi keluar sama anjing, biarkan kucing bebas di seluruh rumah. Tapi ingat, pastikan ketika kembali jangan sampai kedua binatang ini saling melihat. Ketika sudah bersama kucing di sarangnya, beri makan yang kualitasnya oke kalau anjing menggonggong di pintu dari luar.

2. Perlihatkan mereka sedikit-sedikit

Kalau anjing dan kucing sudah familier dengan bau satu sama lain, mulai deh pertemukan mereka tapi secara misterius. Kalau bisa, siapkan pagar kecil di sarang si anjing. Duduk sejauh mungkin dari pagar tersebut dan kode-kode biar kucing datang. Beri reward makanan buat anjing setiap melihat kucing.

Minta anggota keluarga atau teman buat bermain sama anjing ketika kamu bermain dengan kucing di sarangnya. Beri kucing reward setiap melihat anjing bermain. Ini membantu membentuk pandangan positif terhadap pendatang baru. Ulangi kedua tahapan ini sering, 5-10 menit setiap dilakukan.

3. Pertemukan face to face

Kalau anjing mulai bisa dikendalikan dan nggak begitu tertarik lagi sama pagar sarang si kucing, mulai deh perkenalkan mereka lebih dekat. Setiap hari selama beberapa menit, posisikan anjing dengan tali kekang dan hilangkan pagar tersebut. Siapkan makanan anjing di dekat kamu untuk mengarahkan anjing ke arahmu.

Jangan terlalu dekat dulu sama kucing. Pastikan kucing cukup percaya diri dengan adanya jarak untuk kabur dari anjing. Kalau perlu, siapkan tempat untuk bersembunyi bagi si meong. Taburkan makanan atau snack di tempat itu untuk mendorong kucing keluar dari sarangnya.

Kalau kucing sudah keluar dari sarangnya, beri anjing reward setiap melihat kucing atau mainan kunyah untuk mengalihkan perhatian mereka. Kalau anjing mulai mendekat ke kucing, arahkan untuk kembali duduk atau melakukan hal lain seperti bermain.

4. Hilangkan semua penghalang!

Kalau kamu sudah yakin anjing dan kucing sudah bisa di ruangan yang sama tanpa merasa terancam satu sama lain, ini waktunya untuk menghilangkan semua pagar dan tali kekang untuk mengontrol interaksi mereka.

Pertemukan anjing dan kucing dengan pengawasan terlebih dahulu. Kalau gak bisa mengawasi, pisahkan dulu biar aman. Lanjutkan memberi reward kalau mereka bisa tenang ketika bertemu satu sama lain. Arahkan anjing bermain dengan mainan kalau terlalu fokus atau terlalu excited ke kucing.

Kalau anjing dan kucing sudah terlihat nyaman beberapa minggu tanpa halangan, coba untuk meninggalkan mereka tanpa pengawasan. Nah, semoga anjing dan kucing kamu bisa damai ya! (*)

Related Articles
Lifestyle
Spotify Pet, Bikin Playlist Musik Spesial buat Hewan Peliharaanmu

Lifestyle
Penelitian: Punya Hewan Peliharaan di Rumah Bisa Atasi Stres Selama Pandemi

Current Issues
5 Manfaat Punya Hewan Peliharaan!