Entertainment

Sering Dengar Kata 'Stan'? Ternyata Muncul dari Lagu Eminem 20 Tahun Lalu Ini

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 21st 2020


(Getty Images)

Stan BTS y’all!“

We stan a queen!“

”I stan Justin and this is my stan account!”

Buat kamu yang nggak asing sama dunia fans dan artis, mungkin sudah gak asing lagi sama istilah ‘stan’. Apalagi kalau di Twitter, istilah ‘stan’ ini sering banget deh berseliweran di tweet tentang artis tertentu. Nah, tahu gak sih kalau sebenarnya kata ini berasal dari lagu rap yang dirilis dua dekade lalu?

Yep, Stan sebenarnya adalah salah satu lagu rapper ternama Eminem yang booming banget di masanya. Dirilis tepat pada 21 November 2000, lagu yang masuk dalam album The Marshall Mathers ini disebut sebagai salah satu lagu terbaik yang pernah dirilis rapper yang sekarang berusia 48 tahun itu.

Lagu yang berkolaborasi dengan penyanyi Dido ini menyebut kata 'stan' untuk menyebut seorang penggemar yang terlalu terobsesi dengan sang artis. Lagu Stan memang bercerita tentang pengalaman Eminem, pasangannya, dan anak yang masih di kandungan pasangannya menerima ancaman dari seorang fan karena ia tidak merespons suratnya. Seram!

’Stan‘ sendiri merupakan kepanjangan dari stalker fan atau penggemar yang mengikuti segala kegiatan si idola. Sebenarnya makna dari kata ini artinya cenderung negatif pada saat itu, namun seiring pekembangan zaman kata ’stan‘ jadi punya arti yang lebih ramah.

Seperti yang sering ditemukan di media sosial, ‘stan’ sekarang juga berarti menyukai artis secara umum. Misalnya di kalimat ”I stan EXO!“ atau ”Stan her!“. Ada juga istilah ’stan account’ yang menggambarkan akun khusus untuk membagikan konten tentang sang idola.

‘Stan’ sendiri sudah resmi dianggap sebagai kata baku bahasa Inggris lho. Di April 2019, kata tersebut masuk ke Merriam-Webster Dictionary. Sebelumnya di tahun 2017 kata tersebut juga sudah masuk ke Oxford English Dictionary (OED) lho! Tapi, kalau di kamus definisinya masih sama seperti yang dimaksud Eminem ya, bukan makna yang sudah bergeser.

Kata ciptaan para bintang memang gak jarang masuk ke kamus. Mulai dari ’cray‘ ciptaan Kanye West sampai ‘YOLO’ ciptaan Drake.(*) 

Related Articles
Entertainment
Dr. Dre akan Terima Penghargaan di Grammys Week 2020

Entertainment
Surprise! Album 'Music to be Murdered by' oleh Eminem Baru Saja Rilis

Entertainment
Adaptasi Albumnya, Machine Gun Kelly Bakal Rilis Film Musikal 'Downfalls High'