Current Issues

Sekolah Dibuka Januari 2021, 7 Hal Ini Harus Dilakukan Sekolahmu

Dwiwa

Posted on November 20th 2020

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim telah memberikan izin kepada seluruh sekolah di Indonesia untuk dibuka kembali. Tetapi keputusan pembukaan kembali sekolah tatap muka ini akan ditentukan oleh kantor wilayah, pemerintah daerah, serta orang tua lewat komite sekolah.

Tentu akan ada banyak pertimbangan sebelum para pembuat keputusan ini membuka kembali sekolah. Salah satunya tentu kesiapan sekolah dalam menyambut kembali murid-muridnya agar bisa belajar dengan aman.

Nah kira-kira apa saja ya persiapan yang harus dilakukan sekolah untuk menjamin murid-muridnya bisa sekolah dengan aman tanpa menimbulkan klaster baru? Berikut beberapa hal yang harus disiapkan sekolah jika benar-benar ingin membuka kembali kelas secara tatap muka.

1. Menyiapkan tempat cuci tangan yang memadai

Salah satu hal yang wajib disediakan oleh sekolah saat berniat membuka kembali proses belajar tatap muka adalah tempat cuci tangan yang memadai. Ini meliputi jumlah, ketersediaan air, hingga sabun cuci tangan ditempat-tempat strategis sehingga mudah diakses oleh warga sekolah.

2. Wajib memakai masker bagi seluruh warga sekolah

Masker telah menjadi salah satu alat pelindung diri yang bisa menurunkan risiko terpapar Covid-19, baik untuk pengguna maupun orang di sekitarnya. Jadi semua orang yang berusia lebih dari dua tahun disarankan untuk mengenakan masker yang menutup hidung hingga dagu untuk memutus rantai penularan.

3. Jaga jarak

Selama warga sekolah beraktivitas, semua harus dipastikan mematuhi protokol dan menjaga jarak setidaknya 1,8 meter dari orang lain. Selain itu, sebisa mungkin untuk seminimal mungkin melakukan kontak dekat.

Selain itu, para siswa juga sebaiknya diijinkan makan di meja masing-masing atau dalam kelompok kecil di luar ruangan dibanding makan bersama di ruang makan yang padat.

4. Memastikan semua orang yang datang ke sekolah sehat

Meskipun pengecekan suhu badan kurang efektif untuk mendeteksi Covid-19 terutama pada usia remaja, tetapi ini bisa digunakan untuk memonitor kesehatan siswa. Jika mereka kurang enak badan dan mengalami demam atau gejala sakit lainnya tidak diijinkan untuk datang ke sekolah.

5. Pembersihan dan disinfeksi rutin

Selain memastikan seluruh warga sekolah menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan, sekolah juga harus secara rutin melakukan pembersihan dan disinfeksi ruang kelas dan area umum lainnya untuk menurunkan risiko penularan.

6. Memastikan ventilasi dalam ruang kelas baik

Salah satu faktor yang meningkatkan risiko penularan adalah ruangan dengan ventilasi yang buruk. Karena itu, penting untuk memastikan ruang kelas yang digunakan untuk proses belajar mengajar memiliki ventilasi yang baik. Memasang filter udara tambahan mungkin bisa menjadi pilihan.

Selain itu, jendela dan pintu juga bisa dibuka agar udara bisa lebih mudah bertukar. Selain itu, dengan pintu yang dibuka juga meminimalkan risiko tertular melalui permukaan yang sering disentuh seperti pegangan pintu.

7. Membatasi jumlah siswa

Saat sekolah kembali dibuka, jumlah siswa yang diijinkan untuk belajar tatap muka dalam satu waktu harus dibatasi. Nadiem sendiri sudah mengatakan jika maksimal siswa dalam sekali pembelajaran adalah 50 persen dari total.

Artinya, agar semua bisa kembali sekolah harus dilakukan sistem rotasi. Ini berguna agar siswa maupun staff bisa secara optimal menerapkan jaga jarak.

Nah kurang lebih itulah persiapan yang harus dilakukan sekolah jika ingin kembali menggelar pembelajaran tatap muka. Jangan lupa juga berkonsultasi dengan petugas kesehatan setempat agar persiapan sekolah bisa lebih maksimal dan seluruh warga sekolah tetap aman saat beraktivitas.(*)

Baca juga:

- Ini Rekomendasi WHO Cegah Coronavirus untuk Kegiatan Belajar Mengajar

- Tak Hanya Indonesia, Amerika Serikat Pun Kesulitan dengan Sekolah Daring

Setelah Sempat Dibuka, Sekolah di Korsel Tutup Lagi Akibat Adanya Infeksi Baru

Ahli Epidemiologi Peringatkan Terjadinya Kluster Baru Ketika Sekolah Dibuka

Related Articles
Current Issues
Bersiap Kembali ke Sekolah? 5 Hal Ini Wajib Kalian Siapkan

Current Issues
Musim Hujan Datang, Wajib Makin Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

Current Issues
Penggunaan Masker Menurun, Kasus Covid-19 Membengkak