Lifestyle

Ingin Berumur Panjang? Aturan Diet Jepang Ini Bisa Dicoba

Dwiwa

Posted on November 20th 2020

 

Jika kalian sedang berupaya untuk mengetahui rahasia hidup lebih lama, mengintip kebiasaan makan orang-orang Okinawa mungkin bisa sedikit memberi bocoran. Salah satu daerah di Jepang ini telah dikenal memiliki penduduk yang berumur panjang, sehat dan bahagia.

Bahkan dilansir dari CNBC, untuk setiap 100 ribu penduduk, Okinawa memiliki 68 orang yang memiliki umur lebih dari 100 tahun. Angka ini bahkan lebih dari tiga kali lipat jumlah yang ditemukan dalam populasi AS dengan ukuran yang sama.

Salah satu karakteristik yang sudah terbukti dapat membantu memperpanjang umur orang-orang Okinawa adalah makan dengan pikiran tenang, niat, dan kesadaran. Selain itu, orang tua di Okinawa juga mengucapkan hara hachi bu yang berarti semua secukupnya setiap kali sebelum makan.

Kalimat ini menjadi pengingat bagi mereka untuk berhenti makan saat perut sudah 80 persen penuh. Menurut penelitian, butuh sekitar 15 hingga 20 menit bagi otak untuk mencatat jika perut sudah penuh. Dan makan secara perlahan dengan menerapkan hara hachi bu membantu memperpendek jalur ini.

Dengan kata lain, jika kalian berhenti makan saat merasa sudah kenyang 80 persen, kemungkinan sebenarnya kalian sudah 100 persen kenyang (kalian hanya belum mengetahuinya).

Orang-orang tua di Okinawa juga menerapkan pola makan nabati, dengan sebagian besar makanan terdiri dari kacang goreng, bayam, sawi, ubi jalar dan tahu, yang semuanya kaya akan nutrisi.

Goya alias pare adalah makanan pokok populer lainnya. Goya kaya akan antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan sistem kekebalan untuk membantu melawan virus.

Meskipun orang-orang Okinawa juga makan daging babi, ikan dan daging lainnya, tetapi jumlahnya biasanya lebih kecil dari seluruh makanan yang dikonsumsi.

Lalu bagaimana cara menerapkan konsep hara hachi bu ini dalam kebiasaan sehari-hari? Berikut empat langkah mudah yang bisa kalian lakukan untuk memulainya.

Pertama, jangan terobsesi dengan jumlah kalori yang masuk atau penurunan berat badan. Orang-orang Okinawa melakukan segala sesuatu dengan tidak berlebihan. Ketika makan, berikan perhatian penuh dengan mendengarkan tubuh kalian.

Kedua, makan pelan-pelan. Makan cepat akan membuat kalian mendapatkan asupan lebih banyak. Perlambat waktu makan agar tubuh bisa merespon isyarat yang memberi tahu kalian jika sudah kenyang.

Ketiga, fokus pada makanan. Matikan TV dan jauhkan semua perangkat digital dari lingkungan makan kalian. Kalian akan lebih sedikit terganggu dan menginsumsi lebih sedikit serta lebih menikmati makanan.

Gunakan piring kecil. Pilih lah piring kecil dan gelas tinggi ramping untuk  digunakan saat makan. Dengan cara ini, kalian mungkin akan makan lebih sedikit bahkan tanpa perlu memikirkannya.

Nah bagaimana, rahasia untuk berumur panjang tidak terlalu sulitkan? Bisa nih mulai dicoba dari sekarang. Siapa tahu nanti bisa memecahkan rekor sebagai manusia tertua.(*)

Related Articles
Lifestyle
Tips Belanja Bahan Makanan Sehat Buat Kamu yang Mulai Mengubah Gaya Hidup

Lifestyle
Tidak Ada Makanan “Buruk”, Begitu Klaim Panduan dari American Heart Association

Lifestyle
Normalnya, Seberapa Sering Sih Harusnya Kita BAB?