Interest

Suka Minum Air Kelapa? Ini Loh Segudang Manfaatnya

Dwiwa

Posted on November 20th 2020

Saat bersantai di pantai, air kelapa muda banyak dijadikan pilihan wisatawan untuk melepas rasa dahaga. Tetapi ternyata, selain untuk menghilangkan rasa haus, air kelapa muda juga memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan loh.

Hal ini karena di dalam airnya yang manis, terdapat banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Mulai dari karbohidrat, gula, magnesium, sodium, vitamin C, kalsium, potasium hingga zat besi yang berguna untuk tubuh. Dalam segelas air kelapa muda asli seberat 8 ons mengandung 44 kalori.

Wah, lumayan lengkap juga ya ternyata kandungan zat gizi dalam air kelapa. Kira-kira manfaat air kelapa ini apa saja ya? Dilansir dari Insider, berikut sejumlah manfaat yang bisa kita dapatkan jika rutin mengonsumsi air kelapa muda.

 

1. Pengganti cairan yang baik setelah olahraga

Ketika kalian berkeringat saat olahraga, bukan hanya air saja yang hilang tetapi juga garam elektrolit seperti natrium, kalium, dan magnesium. “Air kelapa membantu mengisi elektrolit yang hilang setelah sesi olahraga yang berkeringat,” uajr Tracy Lockwood Beckerman, seorang ahli gizi yang membuka praktek mandiri di New York.

Tubuh membutuhkan elektrolit untuk menjaga keseimbangan penting antara air dan garam. Selain itu, kandungan airnya juga tinggi – sekitar 95 persen – sehingga sangat baik untuk hidrasi.

2. Dapat menjaga kesehatan jantung

Meski masih diperlukan banyak penelitian untuk membuktikannya, tetapi air kelapa muda dikethaui dapat membantu mengontrol tekanan darah, indikator utama untuk kesehatan jantung.

Sebuah penelitian kecil yang dilakukan pada 2005 menemukan jika orang yang minum 1,3 cangkir air kelapa muda dua kali sehari selama 10 hari mengalami penurunan tekanan darah yang signifikan jika dibandingkan orang yang minum air kemasan.

Hal ini mungkin terjadi karena air kelapa mengandung kalium yang menjadi nutrisi penting untuk kesehatan jantung. Jika makanan yang kalian konsumsi rendah kalium, menambahkan air kelapa bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung.

3. Dapat mencegah batu ginjal

Batu ginjal terbentuk ketika mineral seperti kalsium dan oksalat berkumpul dan mengkristal di dalam ginjal. Air kelapa mungkin dapat membantu mencegah batu ginjal dengan menaikkan kadar sitrat dan kalium dalam urin. Senyawa ini membantu mencegah kalsium menumpuk di ginjal dan membentuk batu.

Sebuah penelitian pada 2018 menemukan bahwa orang yang minum dua liter air kelapa per hari mengalami peningkatan signifikan dalam kadar sitrat dan kalium dalam urin mereka. Perlu lebih banyak penelitian untuk melihat apakah minum air kelapa dalam jumlah lebih sedikit memiliki efek serupa.

4. Membantu meredakan mabuk

Air kelapa ternyata juga bisa meredakan mabuk loh. Meski alkohol berbentuk cairan, tetapi jika meminumnya tubuh justru akan dehidrasi dan merasakan efek sakit. “Air kelapa bisa menjadi obat yang berpotensi mengatasi mabuk,” kata Beckerman.

Ini dikarenakan alkohol adalah diuretik yang berarti mempercepat pemrosesan di ginjal dan membuat orang kehilangan air dan elektrolit lewat urin. Karena air kelapa kaya air dan elektrolit, ini menjadi obat rehidrasi yang ideal.

Nah sudah tahukan apa saja manfaat dari air kelapa? Jadi jangan ragu lagi untuk memesan minuman segar ini saat habis olahraga ya. (*)

 

Related Articles
Interest
Ini Dia Empat Cara yang Bisa Kamu Lakukan Supaya Cepat Tidur!

Interest
Tangkal Coronavirus, Ini 5 Rekomendasi Hand Sanitizer dengan Harga Terjangkau

Interest
Cuma #DiRumahAja, Perlu Nggak sih Pakai Sunscreen?