Tech

Pengguna Keluhkan Fitur Fleets di Twitter

Jingga Irawan

Posted on November 20th 2020

(Twitter)

Banyak pengguna mengeluhkan fitur terbaru Twitter, Fleets. Lho, emangnya kenapa?  Fitur cerita yang otomatis dalam 24 jam seperti pada Snapchat, YouTube, Instagram, Skype, dan LinkedIn itu disebut hanya mengekor aplikasi lain plus membikin Twitter tidak berjalan lancar. 

Fleets telah diuji coba di Brazil Maret lalu dan baru aja dirilis untuk negara lain di dunia. Diwartakan Independent, Twitter sengaja menunda peluncuran Fleets karena masih ada perbaikan masalah kinerja dan stabilitas.

Dalam sebuah pernyataan, aplikasi dengan logo burung itu mengaku hanya ingin membuat pengguna merasa lebih nyaman, tanpa harus khawatir mengenai keberadaan jumlah suka dan retweet.

Meskipun niatnya baik, banyak saran yang bermunculan agar Twitter dapat menciptakan fitur ceritanya sendiri. Tanpa harus memiripkannya dengan aplikasi lain. Beberapa pengguna justru ingin Twitter mempertahankan fitur lamanya yang saat ini sudah hilang. 

“Apakah ada cara untuk menyembunyikan cerita twitter / Fleets ini ... Saya ingin twitter lama kembali tanpa merasa tergoda untuk melihat apa yang semua orang lakukan di hampir setiap aplikasi..” tulis akun @irdinahanii

Fitur baru Fleet tidak berguna” cuit akun @AquasDoesTweets

Tidak perlu Fleet, cukup kembalikan tombol RT yang lama :'(“ tulis @mmuhdnoahh

Sebagian lainnya menganggap karena sifat tweet yang permanen (kecuali dihapus) dan cepat tertimbun dengan tweet lainnya, maka Fleets menjadi salah satu alasan yang tepat untuk diluncurkan oleh Twitter. Bahkan beberapa dari mereka rela menonaktifkan Instagram dan beralih hanya menggunakan Twitter karena kemunculan fitur ini.

Well, fitur Fleets ini bisa didapatkan dalam Twitter versi 8.71.0 di Play Store maupun App Store. Nah, untuk menguggah foto, video atau tulisan caranya cukup mudah. Tinggal tap saja ikon (+) bagi yang ingin membuat Fleets baru.

Sama seperti di aplikasi lainnya, pengguna bisa mengatur jenis teks, warna dan juga background teks. Hanya saja, fitur ini belum dilengkapi dengan stiker, filter maupun GIF. Mungkin kedepannya akan diperbarui. Sahabat mainmain udah coba belom? (*)

Related Articles
Interest
Instagram Siapkan Fitur Baru ala Snapchat

Tech
Makin Nyaman, YouTube, Gmail, Twitter, hingga WhatsApp Bisa Mode Gelap

Tech
Twitter Ikutan Punya Fitur Story Bernama ‘Fleets’, Bisa Dipakai Semua Pengguna!