Lifestyle

Menangis Terus Menerus Bikin Kulit Breakout? Ini Alasan dan Cara Mencegahnya

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 18th 2020

(Freepik)

Kita semua pasti pernah menangis. Entah karena emosional karena tokoh drama favoritmu nasibnya malang atau sedih karena kehilangan sesuatu atau seseorang. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Duh, keinginan menangis pastinya naik dan itu normal kok, itu memang salah satu bentuk pelepasan stres yang tubuh kita lakukan.

Nah, pernah nggak sih merasa atau berpikir kalau menangis bisa menyebabkan masalah kulit? Well, sayangnya... bisa. Menangis bisa menyebabkan breakout pada kulit kita. Mau tahu alasannya? Simak penjelasan di bawah ini.

Kandungan dari air mata

Pertama-tama kita harus selidiki dulu apa sih kandungan dari air mata Dilansir dari Allure, tangisan kita sebenarnya hanya berbahan air dan juga garam. Kedua bahan ini tidak ada yang merusak kulit, sebenarnya. Nah lho, terus kenapa dong menangis bisa bikin breakout?

Mengusap air mata yang jadi masalah

Ketika menangis, umumnya refleks paling sering adalah mengusap pipi lalu mata untuk menghilangkan air mata. Di sini masalahnya muncul. Mengusap kulit bisa menyebabkan inflamasi ringan. Inflamasi ini bisa menyebabkan jerawat yang disebut juga jerawat mekanis.

Jerawat jenis ini adalah jerawat yang muncul akibat faktor eksternal seperti suhu panas, tekanan pada kulit, gesekan, dan mengusap kulit. Ini sama dengan penyebab maskne, jerawat akibat gesekan penggunaan masker.

Mengusap kulit ketika menangis juga bisa membuat pori-pori tersumbat, apalagi kalau mengelap dengan tisu yang kurang ramah kulit. Selalu gunakan tisu tanpa parfum dan bertekstur lembut untuk wajah deh biar kulit aman.

Stres menyebabkan jerawat

Seringkali kita menangis karena stres. Nah, stres ini juga mendorong munculnya jerawat dan breakout. Jadi, penting banget buat menjaga kondisi mental untuk menjaga kesehatan kulit.

Nah, gimana dong cara biar kita bisa tetap melepaskan tangisan tanpa membuat kulit kita menangis? Ini tipsnya.

1. Tepuk air mata, jangan usap

Mengelap kulit harus dengan tisu ramah kulit, bertekstur halus dan tanpa parfum. Cara mengelap juga penting. Jangan mengusap-usap kulit, cukup ditepuk-tepuk perlahan agar tidak menghasilkan gesekan yang berujung jadi jerawat. Pelan-pelan ya menepuk-nepuknya!

2. Ganti sabun cuci muka

Kalau kamu belakangan lagi sering banget menangis, ada baiknya mengganti sabun cuci muka yang lebih gentle. Hindari sabun dengan kandungan keras seperti sulfat karena dapat memperburuk gesekan dari mengelap air mata.

3. Jangan lupakan pelembap!

Jangan pernah lupakan skincare satu ini. Tetap lembapkan kulit, kalau perlu pilih pelembap dengan kekuatan ekstra untuk masa-masa sulit seperti saat ini. Kulit yang lembap bisa menjauhkan kita dari kondisi breakout karena melindungi dari ancaman eksternal seperti gesekan.

Kalau kulit menjadi kering karena kurang lembap, produksi minyak akan meningkat drastis. Kalau minyak sudah berkumpul banyak, jerawat malah bermunculan. Pastinya nggak mau dong menangis stres bertambah jadi menangis karena stres dan breakout? (*)

Related Articles
Lifestyle
Takut Coba Skincare Baru Karena Khawatir Nggak Cocok? Ini Cara Mengatasinya...

Lifestyle
Begini Cara Tepat Penggunaan Pelembab Agar Efektif

Lifestyle
Masker Bisa Picu Maskne alias Masalah pada Kulit Wajah. Begini Cara Mengatasinya