Current Issues

Data Vaksin Masih Belum Lengkap, Rencana Vaksinasi Massal Harus Ditunda

Dwiwa

Posted on November 18th 2020

Keinginan Presiden Joko Widodo untuk bisa memulai program vaksinasi massal kepada masyarakat Indonesia pada Desember tahun ini tampaknya tidak akan terlaksana. Pasalnya, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) tidak bisa mengeluarkan izin penggunaan darurat hingga akhir Januari.

Dilansir dari Reuters, izin penggunaan darurat ini tidak bisa dikeluarkan karena data terkait vaksin yang rencananya akan digunakan di Indonesia masih belum lengkap. Salah satunya adalah vaksin asal Tiongkok Sinovac SVA.O yang tengah melakukan uji klinis di Indonesia dan Brasil.

“Tidak mungkin kami dapat mengeluarkan otoritas penggunaan darurat pada Desember 2020,” ujar Kepala BPOM Penny K. Lukito dalam sidang parlemen pada Selasa (17/11). Dia menyebutkan, ijin tersebut baru bisa dikeluarkan pada minggu ketiga atau keempat Januari.

Hal tersebut dikarenakan data dari Sinovac dan Brasil tidak tersedia tepat waktu. Padahal untuk bisa mengekuarkan izin penggunaan darurat ini, semua data yang diperlukan harus sudah lengkap.

Data tersebut meliputi keamanan vaksin Covid-19 50 persen, analisis interim, dan semua laporan uji klinis vaksin Covid-19 fase 1 dan 2 dari Sinovac.

Sinovac maupun Biofarma (perusahaan farmasi negara yang mengawasi uji klinis) belum memberikan tanggapan terkait hal ini.

Indonesia sendiri diperkirakan membutuhkan sekitar 246 juta dosis vaksin untuk 270 juta penduduknya, menurut Budi Gunadi Sadikin, ketua satgas pemulihan ekonomi nasional pada acara yang sama.

Hingga saat ini, Indonesia masih memegang gelar sebagai negara dengan kasus tertinggi di Asia Tenggara. Menurut situs resmi pemerintah, total ada 474.455 kasus terkonfirmasi dengan 15.393 diantaranya meninggal dunia. (*)

Artikel Terkait
Current Issues
Tunggu Persetujuan BPOM, Vaksinasi Massal Mungkin Dimulai Akhir Tahun Ini

Current Issues
Hore, Vaksin Covid-19 Akhirnya Gratis untuk Masyarakat Indonesia

Current Issues
Vaksin Jadi Angin Segar Penerbangan Internasional, Tetapi Bukan Segalanya