Tech

Facebook Hadirkan Vanish Mode di Messenger dan Instagram

Jingga Irawan

Posted on November 18th 2020

(The Verge)

Disappearing Messages telah hadir dalam pembaruan WhatsApp beberapa waktu lalu. Kini giliran aplikasi Mesengger untuk Instagram bakal menyusul miliki fitur serupa. Fitur ini dapat melenyapkan pesan secara otomatis setelah pengguna menutup ruang obrolan atau menyalakan mode lenyap tersebut.

Pesan akan hilang jangka waktu tertentu, yakni setelah penerima melihatnya dan pengirim meinggalkan percakapan. Mirip fitur kirim foto langsung pada direct message Instagram yang hilang setelah orang lain melihat pesan foto kiriman itu. Tetapi, pesan dalam vanish mode tidak langsung lenyap selamanya, melainkan tersimpan dalam sistem selama 14 hari.

Meskipun pesan dapat hilang dalam jangka waktu tertentu, dalam fitur ini, pengguna dapat tetap melakukan screenshoot percakapan. Tetapi, saat mengambil tangkapan layar itu, para lawan bicara kita akan mendapatkan pemberitahuan dari aplikasi terkait lho.

Untuk mengaktifkan vanish mode, cukup ubah setting dalam pengaturan ruang obrolan atau dapat dilakukan dengan melakukan usapan layar ke atas dan menahannya selama beberapa detik sampai mode tersebut aktif (seperti gerakan me-refresh laman). Setelah aktif, ruang obrolan pengguna akan langsung berubah seperti mode penyemaran yang ada di Google Chrome.

Perlu diingat bahwa mode lenyap ini hanya berfungsi pada orang-orang yang Instagram-nya terhubung dengan Messenger. Selain itu, mode ini juga berfungsi jika keduanya (pengirim maupun penerima) telah mengaktifkan fitur secara bersamaan.

Facebook juga telah menjamin bahwa fitur vanish mode aman dan 100 persen ada dalam kendali pengguna. Jadi tidak perlu khawatir terhadap bocornya informasi, sebab, mode pengiriman pesan ini akan terenkripsi dengan baik. Sayangnya, vanish mode baru hadir di Amerika Serikat dan beberapa negara pilihan karena masih dilakukan uji coba lebih lanjut.

Mode lenyap sebenarnya bukan fitur yang baru. Aplikasi seperti Blackberry Messenger dan Snapchat telah terlebih dahulu memiliki fitur tersebut. Setelah fitur ini hadir di Indonesia, diharapkan para pengguna media sosial semakin bijak lagi ya. (*)

Related Articles
Tech
Update Baru! Direct Message Instagram Akan Berganti Jadi Messenger Facebook

Interest
Uji Coba Dark Mode WhatsApp Masih Banyak Bug

Current Issues
Ini Media Sosial yang Berjaya dan Tumbang dalam Satu Dekade