Interest

Harga Sepeda E-Bike Pertama Harley-Davidson Terungkap, Bisa Beli Motor Sport!

Dwiwa

Posted on November 18th 2020

 (Serial 1 via TNW)

Sepeda listrik Harley-Davidson telah menjadi bahan pembicaraan dalam beberapa minggu terakhir. Apalagi, pabrikan motor gede asal Amerika Serikat ini juga sempat mengunggah video bocoran sepeda yang diberi nama Serial 1 ini.

Setelah sempat membuat publik bertanya-tanya, Harley-Davidson akhirnya mengungkap harga pasaran dari sepeda listrik pertama mereka. Bakal dirilis pada 2021, sepeda ini rencananya akan diluncurkan dengan empat model.

Keempat model ini akan ditujukan untuk jenis pengendara yang berbeda dan dengan harga yang juga berbeda. Sepeda Mosh/Cty dibanderol dengan harga USD 3.399 (Rp 47,3 juta), Rush/Cty USD 4,399 (Rp 61,3 juta), Rush/Cty Step-Thru USD 4.499 (Rp 62,6 juta) dan Rush/Cty Speed USD 4.999 (Rp 69,6 juta).

Dilansir dari TNW, semua sepeda ini adalah premium dan akhiran /Cty berarti sepeda dimaksudkan untuk lingkungan perkotaan. Kecepatan maksimal dari kendaraan roda dua ini hanya 20 mph kecuali untuk Rush/Cty yang bisa mencapai 28mph.

Masing-masing dari kendaraan ini menggunakan motor mid-drive yang dirancang oleh perusahaan Jerman Brose, yang juga membuat motor untuk Specialized dan beberapa merk lain. Motor ini dianggap yang terbaik di pasar dalam hal keseimbangan rasa berkendara, daya tahan, dan tenaga.

Meskipun motor kendaraan hanya 250W, banyak e-bike terjangkau yang mengklaim daya jauh lebih besar, tetapi watt tidak merepresentasikan seberapa kuat sepeda listrik itu. Ini hanyalah angka, sedangkan daya maksimalnya mungkin lebih tinggi.

Motor mid-drive juga diuntungkan oleh roda gigi sepeda. Dibanding watt, nomor torsi cenderung lebih berguna, dan 90Nm membuatnya berada di ujung spektrum yang lebih tinggi.

Mosh/Cty menjadi model yang paling terjangkau berkat penggunaan drivetrain kecepatan tunggal. Ini membantu meminimalkan perawatan, dan bantuan motor berarti persneling sering kali berlebihan untuk bersepeda santai di kota. Ini juga membuatnya menjadi yang paling ringan dengan berat 21,8 kg.

Di sisi lain, Rush/Cty menggunakan transmisi Enviolo NuVinci otomatis. Sistem NuVinci telah cukup unik karena menawarkan pergantian gigi yang mulus dengan hampir tanpa perlu perawatan, tetapi model Rush termasuk di antara sepeda langka yang menawarkan transmisi otomatis penuh.

Selain itu, sepeda ini jua dilengkapi dengan berbagai fitur pendukung lain seperti lampu yang selalu menyala di headtube, lampu LED di setang, lampu belakamg, penggerak karbon yang membuatnya nyaris bebas perawatan dan lebih awet, rem cakram hidrolik, ban Schwalbe Super Moto X berukuran 27,5 x 2,4, serta kompartemen yang bisa untuk menyimpan barang seperti kunci atau ponsel.

Selain itu, penempatan  baterai pada sepeda listrik ini juga cukup unik. Alih-alih diletakkan di downtube atau di bagian belakang, Serial 1 memilih memasangnya pada wadah di sisi motor. Menempatkan komponen terberat serendah mungkin dan di tengah agar mudah untuk ditangani.

Umumnya, 500 Wh paling sering digunakan untuk motor mid-drive dan tiga model sepeda listrik ini sudah menggunakan baterai 528 Wh. Kapasitas ini bagus untuk jarak 35-115 mil. Sedangkan Rush/Cty Speed memiliki baterai 706 Wh yang bagus untuk jarak 25-115 mil.

Wah keren ya sepeda listrik Harley-Davidson ini, dari desain hingga motor penggeraknya benar-benar berkelas. Nah jika kalian tertarik, bisa langsung memesannya di situs resmi Serial 1 ya. Sepeda akan mulai dikirim pada musim semi 2021 dan musim panas untuk model Speed. (*)

 

Related Articles
Interest
Harley-Davidson Luncurkan Sepeda Listrik, Nggak Kalah Keren Dari Motornya

Sport
Motor Listrik Harley-Davidson LiveWire Mungkin Merevolusi Dunia Drag Race

Tech
Rilis Kebijakan "Rewire", Harley-Davidson akan Rumahkan 700 Karyawannya