Tech

Twitter Ikutan Punya Fitur Story Bernama ‘Fleets’, Bisa Dipakai Semua Pengguna!

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 18th 2020


Tampilan share tweet di Fleets, story versi Twitter (Twitter)

Diawali oleh Snapchat, kini fitur story atau unggahan dengan batas waktu 24 jam banyak diikuti platform media sosial lainnya. Mulai dari Instagram, Facebook, bahkan WhatsApp, semua punya story masing-masing. Nah, bakal ada anggota baru di kumpulan aplikasi ber-story ini yaitu… Twitter!

Yep, media sosial yang khas dengan konten tulisan yang disebut tweet ini baru saja merilis fitur story bernama Fleets pada Selasa (17/11) lalu. Biasanya kan kita hanya melihat sederet cuitan dari akun yang kita follow tuh, sekarang ada tambahan Fleets di bagian atas aplikasi. Bentuknya mirip kayak story pada umumnya, bulatan-bulatan cerita yang muncul di timeline Twitter.


(Twitter)

Bisa ngapain aja sih Fleets ini? Kurang lebih sama kayak fitur story aplikasi lain. Kalian bisa menuliskan teks, membagikan tweet dan menulis reaksi atau komentar kita (seperti share post di Instagram), merekam video, mengambil foto, dan mengunggah foto dari galeri. Dan, semua yang diunggah ke Fleets hanya bertahan selama 24 jam. Lewat dari itu akan hilang.

Kalian juga bisa cek akun mana aja yang sudah melihat Fleets kita. Kalau melihat Fleets orang lain, kita juga bisa menuliskan balasan atau memberikan reaksi dengan emoji (sama seperti Instagram). Balasan-balasan ini bakal masuk ke direct message Twitter.


(Twitter)

Fleets sudah dirilis secara global dan bakal tersedia untuk pengguna Android dan juga iOS dalam beberapa hari ke depan. Dilansir dari The Verge, fitur ini dianggap membantu orang untuk lebih bebas mengekspresikan apa yang mereka rasakan atau pikirkan karena akan hilang dalam satu hari. Dari beberapa tes yang dilakukan di sejumlah negara, Fleets juga meningkatkan frekuensi orang berinteraksi.

Walaupun hilang setelah 24 jam, Fleets masih bisa di-screenshoot dan nggak ada indikator kalau story kita sudah di-capture, beda seperti Snapchat. Kalian juga nggak bisa me-retweet story Twitter ini ya.(*)

Artikel Terkait
Tech
Twitter Hapus Fitur ‘Fleets’, Cuma Bertahan 8 Bulan karena Pengguna Sedikit

Tech
Twitter Tambah Stiker dan GIF untuk Fleets, Jadi Makin Mirip InstaStory

Tech
Beli Aplikasi Squad, Twitter Bakal Bikin Fitur Hangout Virtual Lewat Video Call