Sport

Spasiba, Russia!

Momen-momen penting di final Piala Dunia 2018

Hakiki Hijriawan

Posted on July 16th 2018

le blues est le champion (via: radionz)

Genap satu bulan kompetisi bergengsi dunia menghiasi layar kaca kita semua, meski negara sendiri tak ikut berpastisipasi. Puncaknya adalah ketika Hugo Lloris dkk mengangkat trofi Jules Rimet atau biasa dikenal dengan Piala Dunia. Kemewahan serta kemeriahan tertuang di negeri beruang merah. Meski, sang tuan rumah bukan jadi jawaranya.

Mungkin masih terbesit kala 32 negara datang ke Rusia untuk mengikuti opening ceremony pada Kamis (14/6) bulan lalu. Dan tepat kemarin (15/7) perhelatan 4 tahunan itupun resmi ditutup. Very nice, kata yang bisa dilekatkan kepada negara Vladmir Putin tersebut. Yap, bukan cuma serunya 64 pertandingan yang dihelat.  Tapi, sambutan hangat  sang tuan rumah menyambut para negara dari belahan dunia.

Lagu Kalinka yang diiringi permainan perkusi Ronaldinho (via: rt)

Kalau pada opening ceremony ada Robbie Williams dan Aida Garifullina yang berhasil mengguncang megahnya seisi stadion Luzhniki. Giliran Nicky Jam, Era Istrefi, dan Will Smith berikan performa terbaiknya di kota Moskwa. Nyanyian lagu khas Rusia yang berjudul "Kalinka" diiringi tak lain tak bukan Ronaldinho. Serta tak tertinggal, kegaduhan dari band punk asal Rusia, Pussy Riot yang menelisik masuk ke dalam lapangan pada babak kedua pada partai puncak, juga akan menjadi kenangan tersendiri bagi Rusia.

Pussy Riot yang nggak mau ketinggalan bikin heboh (via: radionz)

Nggak cuma itu, banyak pula torehan menarik terpecahkan di Rusia. Misalnya, gol yang tercipta di Piala Dunia. Setidaknya 169 gol telah tercipta di Rusia, yang mana sekitar 70 gol berasal dari eksekusi bola mati. 22 gol di antaranya berasal dari penalti dari total 29 penalti yang di dapat oleh partisipan. Dan jika diiriskan lagi, 11 penalti merupakan hasil dari teknologi VAR. Serta tak tertinggal 12 gol bunuh diri juga turut menyumbang torehan gol di Piala Dunia ini.

Special present for French Bastille day (via: radionz)

Football is coming home, kata yang bisa disematkan untuk Perancis. Sebab, tim asuhan Didier Deschamps itu kembali berhasil membawa pulang trofi Piala Dunia setelah puasa selama hampir 2 dekade. Sebenarnya, kesempatan menyegel gelar juara bisa di dapat lebih cepat, seandainya Perancis tak takluk dari Italia pada tahun 2006 lalu. Di lain sisi, torehan Kroasia menjadi runner up merupakan sejarah yang nggak bakal dilupakan seluruh masyrakat Kroasia. Sebab, tahun 2018 ini jadi final perdana negara Kolinda Grabar-Kitarović itu, setelah mendapat peringkat ketiga pada tahun 1998.

Young Player Award for Mbappe! (via: fifa.com)

Yang lebih hebat, bintang lapangan bukan lagi cerita antara Messi dan Cristiano Ronaldo saja. Siapa peraih Ballon d’or di tahun ini pun jadi sorotan di ajang Piala Dunia. Ada sosok Harry Kane, kapten tim nasional Inggris yang resmi meraih golden boot sebagai pencetak gol terbanyak dengan torehan 6 gol. Luca modric yang menyegel golden ball atau pemain terbaik dan terpuji selama Piala Dunia. Kylian Mbappe sebagai peraih Young Player Award. Serta golden glove yang disematkan untuk Thibaut Courtois dari Belgia sebagai kiper terbaik.

Dengan penghargaan individual yang diraih para pemain, tentunya sangat dinanti siapa peraih Ballon d’or 2018. Yap, sekali lagi kompetisi memang udah berakhir namun kenangan serasa enggan dilupakan. Pengin rasanya cepat menyambut lagi kompetisi bergengsi ini 4 tahun mendatang di salah satu negeri Timur Tengah.

See you at Qatar 2022 dude!

Related Articles
Sport
A Week in Review World Cup: Kejutan Bertebaran, Kekalahan Memalukan

Sport
Kontroversi di Piala Dunia 2018!?

Sport
A Week in Review: Favorit Belum Tentu Jadi Nomor Wahid

Meet The Creator



Mainmain.id

Quote Of The Day

NGEJAR DISKON DIBELA-BELAIN BEGADANG SAMPAI PAGI, GILIRAN NGEJAR SI DOI SAMPE DEPAN GANG UDAH PUTER BALIK LAGI