Sport

Dominik Szoboszlai, Bintang Muda Hungaria yang Jadi Klub Rebutan Raksasa Eropa

Mainmain.id

Posted on November 16th 2020

Nama Dominik Szoboszlai sedang menjadi perbincangan banyak media. Performa apiknya bersama Red Bull Salzburg mengundang ketertarikan tim-tim raksasa Eropa. Gelandang serang berusia 20 tahun itu makin terkenal seusai meloloskan Hungaria ke UEFA Euro 2020 yang berlangsung tahun depan. Real Madrid, Bayern Muenchen, dan AC Milan sedang mengantre untuk mendapatkannya.

Szoboszlai diklaim sebagai salah satu mutiara yang mulai menampakkan kilaunya. Kemampuannya dalam mengolah bola membuat Szoboszlai dijuluki penerus Ferenc Puskas, legenda Hungaria dan Real Madrid yang ngetop pada periode 40-an hingga awal 60-an.

”Szoboszlai adalah permata. Ia seperti Kai Havertz,” puji legenda sepak bola Jerman Lothar Matthaeus dalam wawancara dengan Munchner Abendzeitung seperti yang dilansir GOAL. ”Di Hungaria, Szoboszlai sudah dibanding-bandingkan dengan Ferenc Puskas yang tersohor itu,” ungkap mantan asisten Giovanni Trapattoni di Salzburg musim 2006/2007 itu.

Szoboszlai memang mirip dengan Havertz. Sama-sama muda dan berposisi sebagai gelandang serang. Szoboszlai juga rajin mencetak gol dan memberikan assist. Szoboszlai telah mencetak 5 gol untuk Salzburg dari total 13 pertandingan di semua ajang musim ini. Selain itu, ia menyumbang enam assist untuk tim berjuluk Die Roten Bullen tersebut.

”Ia bisa pindah ke RB Leipzig pada Januari nanti. Akan tetapi, saya yakin bahwa setiap klub top Eropa pasti mencantumkan namanya daftar transfer mereka, termasuk Bayern Muenchen,” terang Matthaeus.

Muenchen tak sendirian. Tim-tim hebat macam Real Madrid, AC Milan, serta sejumlah tim asal Inggris juga berupaya merekrut Szoboszlai. Apalagi, harganya sangat murah, cuma 25 juta euro. Sebagai perbandingan, Kai Havertz dibeli Chelsea dari Bayer Leverkusen dengan harga 71 juta euro, tiga kali lipat lebih mahal daripada banderol Szoboszlai.

Menurut Diario AS, Madrid ingin gelandang baru karena Luka Moadric dan Toni Kross makin tua. Kedua, kedatangan Szoboszlai diharapkan sebagai umpan agar Erling Haaland mau meninggalkan Borussia Dortmund dan mendarat di Santiago Bernabeu. Haaland adalah mantan soulmate Szoboszlai di Salzburg.

Dari Italia, AC Milan juga sangat tertarik dengan pemain lulusan akademi Liefering itu. Milan dilaporkan sebagai kandidat terkuat untuk mendapatkan Szoboszlai pada Januari nanti. Dilaporkan La Gazzetta dello Sport, Milan menginginkan Szoboszlai untuk mengantisipasi kepindahan Hakan Calhanoglu ke Manchester United.

Karier Szoboszlai sebenarnya masih sangat hijau. Ia melakoni debut profesionalnya pada Juli 2017 bersama FC Liefering. Mereka adalah peserta 2. Liga, kompetisi kasta kedua di Austria. Tak hanya itu, Liefering tercatat sebagai feeder club untuk Salzburg. Selepas itu, Szoboszlai menjadi bagian dari tim utama Salzburg sejak musim 2018/2019.

Musim 2019/2020 adalah periode terbaiknya. Szoboszlai mencetak 12 gol dan 18 assist di Austrian Bundesliga. Ia ikut berjasa meloloskan Salzburg ke babak grup Liga Champions dalam dua musim berturut-turut. ”Ia telah mengalami perkembangan yang hampir sama seperti Haaland,” kata pelatih Salzburg Jesse Marsch dalam wawancara dengan Kicker.

Setelah Takumi Minamino pindah ke Liverpool pada Januari 2019, lalu Haaland hijrah ke Dortmund pada 2020, sangat mungkin Szoboszlai akan mengikuti jejak dua sahabatnya dengan meninggalkan Salzburg pada Januari tahun depan. Salzburg tak bisa menyimpannya terlalu lama. Sebab, kontrak Szoboszlai akan habis pada akhir Mei 2022.

”Jika Erling menelepon saya, saya akan pergi ke Dortmund... Tapi, hanya untuk makan malam,” canda Szoboszlai.(*)

Related Articles
Sport
Ronaldo Cetak Gol ke-700, #CR700 Langsung Trending

Sport
Liga Belanda Resmi Dibatalkan! Tak Ada Juara, Promosi, dan Degradasi

Sport
Luka Doncic, Wonder Boy Yang Siap Menaklukan NBA