Korea

Temukan Banyak Kemiripan dengan Grup Lain, Warganet Tuding aespa Plagiat

Delima Pangaribuan

Posted on November 16th 2020

 
Jelang debut akbar, girl group baru SM Entertainment, aespa, makin menunjukkan taringnya. Kemarin, baru saja grup beranggotakan empat orang itu tampil lagi dalam teaser lagu debut mereka yang berjudul Black Mamba. 
 
Namun, teaser ini ternyata menimbulkan reaksi kurang mengenakkan dari warganet. Mengutip Koreaboo, warganet menemukan cukup banyak kemiripan teaser aespa ini dengan grup lain yang lebih dulu debut, K/DA.
 
K/DA sendiri merupakan grup virtual di mana para member-nya sepenuhnya karakter animasi yang suaranya diisi oleh idol sungguhan dari lintas grup. K/DA debut dengan lagu berjudul POP/STARS beberapa waktu lalu dan menggunakan konsep artificial. Mirip seperti aespa.

 
Segelintir kemiripan yang ditemukan warganet antara lain adalah lokasi MV. K/DA menggunakan setting tempat di kereta bawah tanah atau subway. Dan aespa pun menggunakan setting yang sama. Yakni sama-sama di dalam gerbong kereta bawah tanah.
 
Kemudian, karena mengusung konsep underground, K/DA menggunakan banyak warna yang bernuansa neon. Anehnya lagi, konsep warna ini pun digunakan oleh aespa. Mungkin karena setting tempatnya sama-sama di bawah tanah.
 
Lanjut, warganet juga kurang sreg sama tampilan sosok Black Mamba di teaser aespa. Black Mamba di sini digambarkan dengan animasi yang menampilkan wajah raksasa. Mulut dan mata saja. Sayangnya, di mata warganet, bentukan Black Mamba ini terlalu mirip sama wajah raksasa yang muncul juga di MV K/DA.

 
Warganet memang nggak menyalahkan aespa-nya. Mereka lebih mempertanyakan maksud dan tujuan SM Entertainment memakai konsep yang terlalu mirip sama grup lain tersebut. 
 
"Bukannya SM Entertainment itu agensi besar? Kenapa mereka seperti kurang kreativitas... Ini mengejutkan," komentar seorang warganet seperti dikutip Koreaboo.
 
"Mereka bercanda ya, mulai dari konsep avatar sampai MV, semuanya saling bertubrukan. Gimana mereka bisa ngotot kalau itu bukan plagiat? Terlalu banyak kemiripan," komentar yang lain.
 
"Apa mereka grup cover-nya K/DA?"
 
Gimana menurut kalian, guys? (*)
 
Related Articles
Korea
Konsep Avatar Mulai Ramai, Pengamat Industri Hiburan Khawatirkan Ini

Korea
Halo, MY! aespa Umumkan Nama Fandom Mereka

Korea
Pertama Kali Debut dengan AR, SM Umumkan Detail Performance Perdana aespa