Running

Hebat! Baru Lulus SMA, Atlet Down Syndrome Ini Catat Sejarah Ironman

Mainmain.id

Posted on November 16th 2020

Kemauan dan kerja keras Chris Nikic menjadi pelajaran buat kita semua. Terutama kita yang dianugerahi fisik yang sempurna. Berkat kerja kerasnya, atlet down syndrome yang baru saja lulus SMA itu mencatat sejarah baru dalam dunia olahraga. Ia menjadi atlet down syndrome pertama yang menaklukkan event triatlon paling bergengsi, Ironman.

Nikic meraih hasil tersebut saat mengikuti Ironman Florida pada Sabtu (7/11) lalu. Pemuda 21 tahun itu mencatat waktu finis 16 jam, 46 menit, 09 detik. Waktu tersebut 14 menit dibawah cut-off time. Oleh karena pencapaiannya itu, nama Nikic masuk dalam Guinness World Records. Nikic total melahap rute berenang 3,86 km, sepeda 180 km, dan lari 42,1 km.

"Ironman. Tujuan telah ditetapkan dan dicapai. Saatnya menetapkan tujuan baru dan lebih besar untuk tahun 2021 mendatang. Aku telah mencapai tujuanku dan sekarang saatnya membantu orang lain sepertiku," ujar Nikic melalui akun media sosialnya.

Bukan hal mudah bagi Nikic untuk melalui race yang berlangsung di Panama City Beach, Florida itu. Ia sempat diserang semut selama di nutrition stop.

Tidak hanya itu, Nikic juga beberapa kali terjatuh dari sepeda. Membuatnya mengalami luka di lutut. Namun, hal itu tidak menghentikannya untuk meraih garis finis.

Pelatih Nikic, Dan Grieb, mengatakan tidak terlalu terkejut dengan hasil yang dicapai anak asuhnya. Sebab, ia sudah sangat mengenal Nikic dan melalui proses latihan bersama.

"Ia (Nikic) seorang manusia yang memiliki tujuan dan impian seperti orang lain. Ia ingin membuat jalannya lebih mudah bagi orang-orang seperti dirinya dan bisa mengikuti jejaknya," kata Grieb seperti dikuti dari situs resmi Special Olympics.

Nikic yang baru saja lulus SMA itu, selanjutnya akan mengikuti kualifikasi Special Olympics USA Games. Event tersebut akan digelar pada 5-12 Juni 2022.

Nikic juga juga turut berkampanye dan mengumpulkan dana untuk Special Olympics, Down Syndorme, dan RODS (Racing for Orphants with Down Syndrome)

"Kami sangat terinspirasi, dan pencapaian Chris adalah momen yang menentukan dalam sejarah Ironman. Hal yang tidak akan pernah bisa diambil darinya," tulis keterangan resmi Ironman Triathlon.(*)

Related Articles
Entertainment
[REVIEW] Thanos Jadi Idola, Ada Apa dengan Avengers?

Entertainment
Ditanya Soal Keterlibatan Lebih Lanjut di MCU, Robert Downey Jr: That's All Done

Running
Berusia 61 Tahun, Agus Supriadi Berburu Medali Pertama di Event Lari