Sport

Amankan Gelar Juara Dunia F1, Hamilton Ingin Kejar Rekor Schumi

Gunawan Sutanto

Posted on November 16th 2020

Dua kebahagiaan didapatkan Mercedes di Grand Prix Turki kemarin (15/11). Pertama, gelar juara dunia pembalap 2020 diamankan Lewis Hamilton. Kedua, sang juara dunia memastikan akan kembali balapan tahun depan. 

Kebahagiaan kedua itu lebih penting. Gelar juara dunia tahun ini praktis memang sudah aman sejak beberapa seri lalu. Tinggal memastikan secara matematis. Hasil buruk yang diraih Valtteri Bottas dan Max Verstappen, mempercepat Hamilton menjadi world champion. Hamilton punya 307 poin, Bottas 197 poin, dengan tiga lomba tersisa.

Gelar juara tahun ini adalah yang ketujuh bagi Hamilton. Membuat driver asal Inggris itu menyamai rekor juara dunia terbanyak milik Michael Schumacher. Sebelumnya, Hamilton sudah melampaui rekor kemenangan terbanyak milik Schumi.

"Lewis telah menempatkan dirinya sebagai salah seorang olahragawan terhebat sepanjang masa," puji Toto Wolff, bos Mercedes sebagaimana dilansir Crash.

Wolff tahun deoan akan meninggalkan Hamilton. Tidak lagi menjadi team principal Mercedes. Ia ingin memiliki waktu lebih banyak bersama keluarganya.

Kepergian Wolff itu sempat membuat Hamilton goyah. Ia sempat mengungkapkan kemungkinan musim 2020 akan menjadi musim terakhirnya. Namum, semua itu terbantahkan kemarin. Meski kontraknya bersama Mercedes untuk musim depan masih dalam proses negosiasi, namun ia memastikan bahwa 2021 ia akan kembali balapan bersama Silver Arrows. 

"Rasanya saya baru saja memulai,” kata Hamilton kepada Autosport. "Memang sedikit aneh. Saya merasa dalam kondisi fisik dan mental sangat kuat," lanjutnya.

Hamilton ingin terus di F1 karena ingin melanjutkan kampanyenya tentang anti rasisme. Hamilton adalah satu-satunya driver kulit hitam dalam sejarah F1. Dan ia bisa menjadi yang terhebat sepanjang masa.

Black Lives Matter yang merebak karena kematian orang kulit hitam Amerika Serikat karena siksaan polisi kulit putih, menjadi concern utama Hamilton sepanjang musim ini. Kaosnya selalu bertema hal itu. komentar-komentarnya juga begitu tajam tentang kesetaraan ras.

"Saya bahagia untuk terus bertahan, masih banyak yang harus kita capai bersama," kata Hamlilton.(*)

Related Articles
Sport
Tim F1 Bikin Alat Bantu Pernapasan untuk Pasien Coronavirus

Sport
Coronavirus Bikin Agenda Olahraga di Tiongkok Ditunda

Sport
Balapan Esports, Pembalap Beneran Kalah dari Gamers