Sport

Joan Mir Juara Dunia MotoGP 2020

Mainmain.id

Posted on November 16th 2020


Joan Mir merayakan gelar juaranya di atas podium Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. (AFP)

Joan Mir menjadi juara dunia MotoGP 2020. Gelar itu dikunci setelah ia finis ketujuh di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Hasil itu sudah cukup bagi ia untuk menjadi campeon mundial. Keunggulan 29 poin (171-142), dengan satu lomba tersisa, tidak ada lagi peluang, Franco Morbidelli yang ada di peringkat kedua untuk mengejarnya.

Sukses Mir menjadi juara dunia, melanjutkan hegemoni Spanyol di ajang kejuaraan dunia balap motor. Sejak 2010, selalu rider Negeri Matador yang menjadi kampiun. Hanya sekali pada 2011, gelar direbut Casey Stoner asal Australia. Selebihnya, Marc Marquez, Jorge Lorenzo, dan kini Mir bergantian menjadi juara.

"Saya butuh beberapa saat untuk menyadari bahwa ini adalah kenyataan, bukan mimpi," kata Mir seusai menyelesaikan balapan. "Ini mimpi yang menjadi kenyataan. Tidak ada kata yang bisa menggambarkan perasaan ini," lanjutnya.

Mir yang start dari posisi kelima, tampil aman sejak awal lomba. Tidak terlalu memaksakan diri untuk menang. Apalagi, ketika awal lomba pesaing terdekatnya, Fabio Quartararo sempat melebar. Alex Rins, rekan setimnya yang juga pesaing terdekat, juga terpaku di luar tiga besar. Dalam kondisi itu, sudah cukup bagi Mir untuk juara dunia dengan masuk sepuluh besar.

Mir, rider 23 tahun asal Mallorca, menjadi rider termuda ketujuh yang menjadi juara dunia. Ia tepat berusia 23 tahun 75 hari. Lebih tua sedikit dari Rossi yang kali pertama mengamankan gelar juara dunia kelas tertinggi di usia 22 tahun 240 hari. Lalu, lebih muda sedikit dari Jorge Lorenzo yang kali pertama juara MotoGP pada 23 tahun 159 hari.

Bagi Suzuki, ini pencapaian yang super istimewa. Gelar pertama sejak 2000 ketika Kenny Roberts Jr kampiun. Ketika itu MotoGP masih melombakan motor dua langkah. Gelar Mir ini adalah gelar perdana Suzuki di era MotoGP yang menggunakan motor empat langkah. 

Mir menjadi pembalap juara dunia dengan jumlah kemenangan paling sedikit. Mir hanya mengoleksi satu kemenangan musim ini yaitu pekan lalu di Valencia. Mir mengalahkan Nicky Hayden dalam hal juara dunia paling minim kemenangan. Hayden pada 2006 juara dunia dengan hanya merebut dua kemenangan. 

Sukses Mir menjadi juara dunia juga akan menandai kembalinya No. 1 di lintasan MotoGP. Mir memutuskan untuk menggunakan No. 1 daripada No. 36 yang ia pakai saat ini. 

Kali terakhir No. 1 digunakan pada 2012. Ketika Casey Stoner balapan dengan status juara bertahan. Lorenzo dan Marquez tidak pernah mau menggunakan No. 1. Ada semacam takhayul di MotoGP, bahwa No. 1 akan memberikan kutukan.(*)

Klasemen MotoGP 2020 (Setelah 14 di antara 15 Lomba)

Pembalap/Tim/Poin

1. Joan Mir/Suzuki/171

2. Franco Morbidelli/Yamaha/142

3. Alex Rins/Suzuki/138

4. Maverick Vinales/Yamaha/127

5. Fabio Quartararo/Petronas Yamaha/125

6. Andrea Dovizioso/Ducati/125

7. Pol Espargaro/KTM/122

8. Jack Miller/Ducati/112

9. Takaaki Nakagami/LCR Honda/105

10. Miguel Oliveira/KTM/100 

Related Articles
Sport
Maverick Vinales Menang, Persaingan Puncak Klasemen Memanas

Sport
Quartararo Pimpin Klasemen MotoGP 2020 Setelah Finis Pertama di Catalunya

Sport
Operasi Sukses, Dovisioso Siap 'Ngebut' di Jerez