Hobi

Comeback, PSS Juarai IFeL 2020

Dika Afandi N

Posted on November 16th 2020


PSS Sleman wajib berterima kasih terhadap Rizky Faidan. Remaja ini berhasil mencatatkan sejarah baru untuk PSS. Ia berhasil membawa PSS Sleman menjadi juara perdana di kompetisi esports yang mempertandingkan klub-klub peserta Liga 1, Indonesia Football e-League (IFeL) 2020.

PSS berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Arema FC. Laga final sendiri digelar dalam tiga pertandingan. Ketiga pertandingan itu sama-sama sengitnya. Di pertandingan pertama, Rizky Faidan berhasil meredam permainan Ferry Gumilang yang memainkan Arema FC, 5-3. Sementara di pertandingan kedua, gantian Ferry Gumilang yang mengalahkan Rizky Faidan, 3-4.

Nah, memasuki pertandingan ketiga, laga benar-benar seru. Sebenarnya, Rizky Faidan sempat unggul dulu 2-0. Namun, Ferry begitu tampil militan. Ia tak mau menyerah begitu saja. Ia sempat mengubah strategi. Memasang tiga striker sekaligus. Sementara Rizky coba memainkan tempo dengan menarik beberapa pemain lebih bermain di belakang.

Strategi yang diterapkan Ferry ternyata manjur. Ia berhasil mencetak gol bahkan menyamakan kedudukan. Akhir babak pertama, PSS yang sudah unggul 2-0 terus ditekan Arema. Sampai kemudian sebelum peluit akhir dibunyikan Arema berhasil menipiskan ketertinggalan, 2-1.

Memasuki babak kedua, Arema terus menggedor jantung pertahanan PSS. Rizky tampaknya lebih banyak mengambil inisiatif penyerangan dari serangan balik. Petaka pun terjadi, Ferry berhasil menyamakan kedudukan 2-2. Begitu skor imbang, Arema masih saja terus mengurung pertahanan PSS. Banyak yang mengira pertandingan ini bakal dimenangkan Arema. Sebab begitu banyak peluang untuk Arema tercipta di babak kedua.

Kemenangan Rizky ini bisa dibilang sebuah comeback. Di babak reguler, PSS sempat beberapa minggu memimpin klasemen sementara. Sebelum akhirnya di pekan kelima, posisi pertama dikudeta Arema FC. Ferry berhasil membawa Arema FC bertahan di puncak klasemen hingga babak Grand Final.

IFeL 2020 tidak diikuti semua tim Liga 1. Hanya ada 10 tim yang bertanding. Dari jumlah itu, diambil 6 tim untuk lolos ke babak Grand Final. Di babak ini, 8 tim dimasukkan lagi ke 2 grup, A dan B. Arema FC, Borneo FC, PSM Makassar, dan PSS masuk ke Grup A. Sementara Grup B diisi Barito Putera, Madura United, Persija Jakarta, dan Persita Tangerang.

Juara ketiga turnamen ini direbut oleh Madura United yang dimainkan oleh Elga Cahya Putra. Elga berhasil menang dalam dua pertandingan langsung ketika menghadapi Persita, yang dimainkan Elul Wibowo. Di laga perdana perebutan tempat ketiga, Madura United menang 2-1. Sementara di laga kedua, tim Sape Kerap menang 3-1.(*)

 
Related Articles
Hobi
IFeL 2020: Arema Gemilang di Tangan Ferry Gumilang

Hobi
IFeL 2020: Gagal Bungkam Arema, PSS Melorot Dua Peringkat

Hobi
IFeL 2020: Arema FC Perkasa, PSIS dan Persik Tak Lolos ke Grand Final