Interest

Tiongkok Mulai Banyak Berikan Izin Konser Musik Dengan Ribuan Penonton

Jingga Irawan

Posted on November 14th 2020


(NOEL CELIS/AFP via Getty Images)


(NOEL CELIS/AFP via Getty Images)

Dunia hiburan di Tiongkok sudah nyaris pulih kembali. Tiongkok mulai banyak mengeluarkan izin bagi para promotor untuk mengadakan konser musik live. Beberapa konser bahkan dihadiri ribuan penggemar.

Dilansir dari Billboard.com selama hari libur nasional di Tiongkok dari 1-8 Oktober 2020, sebanyak empat ribu pertunjukan telah berlangsung untuk mengisi hari-hari luang para warganya. Di antara jumlah tersebut terdapat beberapa festival yang diikuti sampai sepuluh ribu peserta. Salah satunya adalah Phoenix Music Festival di Qingdao yang menghadirkan bintang pop terkenal sekaligus mantan anggota EXO-M, Kris Wu. Wow!
 

(Kris Wu di area Phoenix Music Festival Oktober lalu)

Ribuan penonton yang datang pada acara live di Tiongkok bukan kali itu saja. Bahkan, pada September Taihe Music Group juga berhasil mengadakan tiga Festival Rye. Festival tersebut menarik lebih dari 30 ribu penonton di Zibo dan Beijing. Acaranya menghadirkan bintang hip-hop yakni seperti Brothers, serta trio indie-rock, Carsick Cars.

Pengadaan konser-konser musik di Tiongkok tentu tidak lepas dari pengawasan pemerintah. Para pejabat berwenang memberikan izin konser untuk ribuan penonton dengan syarat. Yakni, acara digelar di kota-kota yang tidak memiliki penyebaran Covid-19 selama kurun waktu 60 hari.
 
Sejak September lalu, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Tiongkok juga telah meningkatkan kapasitas perizinan tempat konser. Dari 50 persen penonton menjadi 75 persen, untuk acara luar ruangan berskala besar. Peningkatan itu juga telah melalui tahap trial and error serta simulasi untuk menghindarkan pengunjung pada penularan virus di sebuah kerumunan.


Well, pengendalian virus yang ketat di Tiongkok telah dibuktikan bahwa mereka bisa membawa masyarakat keluar dari rumah lebih cepat.
Hebat ya! Kira-kira Indonesia kapan nih? Sudah gatel banget pengen nonton konser.(*)
 
 
Related Articles
Entertainment
Lay 'EXO' Bakal Rilis Kolaborasi bareng Steve Aoki dan will.i.am!

Tech
Siap-Siap, TikTok Tak Bisa Digunakan di AS Jika Gagal Diambil Alih

Entertainment
Baskara Putra a.k.a Hindia Akui Bandnya, Feast. Biasa Saja