Entertainment

Billie Eilish Rilis 'Therefore I Am, Meledek Haters yang Body Shaming

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 13th 2020

Siapa nih yang sudah menunggu Billie Eilish rilis lagu baru sejak dikode-kode bulan Oktober lalu? Pennatian cukup lama akhirnya usai juga, Jumat (13/11) dini hari lalu penyanyi satu ini merilis single berjudul Therefore I Am. Buat kamu yang ngefans berat sama penyani kelahiran 18 tahun lalu ini, simak deh beberapa fakta menarik mengenai lagu terbarunya.

Liriknya bernada menyindir haters

“I'm not your friend or anything, damn, you think that you're the man” Lirik awalnya aja sudah eksplisit banget nih. Chorus tersebut enggambarkan perasaan nggak suka sama orang yang suka merasa kalau mereka punya kendali terhadap hidup kita.

“Don't talk 'bout me like how you might know how I feel. Top of the world, but your world isn't real, your world's an ideal” Di penggalan lirik bagian verse pertama ini, Billie seakan makin menyindir orang-orang yang suka mencampuri urusan dan memandang dirinya dengan standar yang mereka buat.

Kalau kita flashback sebentar ke beberapa bulan lalu, penyabet lima penghargaan Grammy ini sempat menerima hujatan warganet karena menampilkan tubuhnya tidak dengan pakaian longgar yang biasa ia gunakan. Deretan ucapan body-shaming tersebut juga sempat dijadikan Billie sebuah film pendek mengenai body positivity.

Ada lirik yang berasal dari kutipan filsuf ternama

Pasti pernah dengar kutipan “Dubito, ergo cogito. Cogito, ergo sum,” yang punya arti “Aku meragukan, maka dari itu aku berpikir. Aku berpikir, maka dari itu aku ada.“ Kutipan dari filsuf bernama René Descartes.

Billie seakan menggunakan kutipan tersebut di chorus. “Damn, you think that you're the man. I think, therefore, I am”. Nah, di sini pelantun Bad Guy tersebut seakan menganggap semua pikiran orang-orang yang menghakimi dirinya hanyalah bukti kalau sosoknya memang nyata di dunia.


Sibuk makan~~ Nggak sibuk diet~~

Di dalam buku The Method of Discourse yang menjadi sumber kutipan tersebut, ternyata ada juga bagian yang mengatakan “Is the world just a dream? What is ‘real’?”. Bagian ini mirip dengan lirik verse pertama lagu Therefore I Am yang bernada, “Top of the world, but your world isn't real, your world's an ideal”.

Video musiknya diambil dengan ponsel

Dalam sebuah wawancara dengan Zane Lowe, Billie mengatakan kalau pembuatan MV lagu ini seru banget. Mengambil lokasi di mal yang dulu sering ia kunjungi, Glendale Galleria, penyanyi tersebut berlari-lari dengan bebas sambil mengambil beberapa makanan.

Menariknya, video dengan konsep one shot ini diambil menggunakan iPhone, bukan kamera ribet yang biasanya digunakan untuk shooting video musik. Adegannya juga terlihat natural banget, sepertinya sih Billie senang banget bisa bebas ambil makanan tanpa perlu bayar~

Adegan mengabil pretzel, donat, keripik, limun, dan kentang goreng tersebut seakan menunjukkan kalau Billie gak peduli dengan standar kecantikan yang harus kurusdan langsing. Bye body-shaming!

Related Articles
Entertainment
Billie Eilish Bantah Lakukan Overline pada Bibir, Stop Komentari Fisik Orang!

Entertainment
Billie Eilish Bakal Rilis ’Therefore I Am’, Ini Pesan Misterius dari Finneas

Entertainment
Cerita Billie Eilish Hadapi Komentar Buruk tentang Tubuhnya