Lifestyle

3 Langkah Aman Membersihkan Keyboard Laptop Agar Aman dari Kuman dan Virus

Kezia Kevina Harmoko

Posted on November 10th 2020

(Pixabay)

Siapa nih yang selama pandemi nggak bisa lepas dari laptop? Mulai dari nugas, marathon drakor atau Netflix, ngezoom dan Google Meet, atau deretan kegiatan lain. Sekarang, coba ingat-ingat lagi kapan terakhir kalian membersihkan keyboard laptop? Pasti jarang deh.

Padahal kebersihan keyboard gawai satu ini penting banget lho. Dilansir dari CBT Nuggets, sebuah perusahaan IT, menyatakan kalau keyboard kita bisa punya 20.000 kali lebih banyak bakteri daripada dudukan toilet lho. Ewh!

Biar kebersihan keyboard kita tetap terjaga, ada baiknya membersihkan setiap hari setelah dipakai. Nggak perlu lama kok, paling hanya beberapa menit. Bahan untuk membersihkan juga gak perlu yang ribet. Nih simak langkah-langkahnya.

1. Matikan laptop

Sebelum mulai membersihkan, sebaiknya matikan dulu laptop. Pastinya gak mau kan tidak sengaja memencet tombol tertentu yang menjalankan perintah yang bikin kacau. Cabut juga kalau lagi diisi dayanya untuk mencegah kalau (jangan sampai) ada cairan masuk lewat celah keyboard. Bakal lebih aman lagi kalau kita mencadangkan (backup) data penting dulu buat berjaga-jaga aja.

2. Bersihkan serpihan kotoran lebih dulu

Untuk membersihkan serpihan kotoran yang cenderung besar, balikkan laptop secara perlahan agar kotoran tersebut bisa jatuh. Tepuk bagian bawah laptop secara perlahan jika perlu. Ingat, perlahan aja, jangan pakai emosi.

Bisa juga pakai slime untuk mengangkat kotoran di celah-celah keyboard. Kalau bisa, pilih slime yang memang punya fungsi untuk membersihkan biar gak perlu khawatir teksturnya terlalu cair atau lengket. Malah repot lagi nanti kalau slimenya lengket di keyboard kan….

(PropelGear)

Kalau kamu punya penyedot debu (vacuum cleaner), bisa nih dimanfaatkan. Tapi, pilih mode paling lemah dan penyedot yang kecil. Jangan sampai terlalu kuat sampai keyboardnya tersedot.

Sebaiknya jangan gunakan hair dryer. Selain bisa membuat kotoran justru masuk ke celah-celah keyboard, kalau suhu udara yang langsung diarahkan ke keyboard terlalu panas, bisa merusak komponen kecil di dalam laptop.

Kalau ada kotoran di celah-celah laptop yang masih bandel, mungkin perlu untuk membongkar laptop untuk membersihkannya. Kalau kurang mahir, lebih baik jangan lakukan sendirian ya, bawa ke tempat ahli aja.

3. Disinfeksi dan hilangkan noda

Sekarang waktunya membersihkan dengan total. Siapkan kain lembut dengan cairan disinfeksi atau alkohol. Lap perlahan dan pastikan juga membersihkan celah-celah keyboard. Ingat, jangan gunakan kain yang terlalu basah sampai menetes karena ini membersihkan laptop. Jangan pernah langsung menyemprotkan cairan ke keyboard.

Selanjutnya, lap dengan kain yang sudah sedikit dibasahi dengan air. Kalau bisa pakai kain microfiber seperti yang biasanya digunakan untuk lap kacamata, tapi kalau nggak ada pastikan kain yang dipakai cukup lembut. Hindari menggunakan lapisan yang bisa menggores seperti tisu toilet.

Kalau sudah, lap kering semua permukaan keyboard. Selesai!

Selalu bersihkan keyboard rutin ya, apalagi di masa pandemi seperti sekarang. Tangan kita bisa saja membawa virus, apalagi kalau perangkat kita juga digunakan orang lain. Bersihkan keyboard laptop lebih sering pula jika punya hewan peliharaan yang bulunya suka rontok. (*)

 

Related Articles
Lifestyle
10 Perintilan Meja Belajar biar Betah Belajar Online dan Makin Produktif!

Tech
LightStrike, Robot Super Yang Mampu Bunuh Virus Corona Dalam 2 Menit

Current Issues
Disinfeksi dengan Sinar UV Hanya Efektif untuk Benda, Bukan untuk Tubuh